REPRESENTASI SIKAP NRIMO PEREMPUAN JAWA DALAM FILM (Analisis Semiotika mengenai Representasi Sikap Nrimo Perempuan Jawa dalam Film Siti Karya Eddie Cahyono)

M, Virgina Putri (2017) REPRESENTASI SIKAP NRIMO PEREMPUAN JAWA DALAM FILM (Analisis Semiotika mengenai Representasi Sikap Nrimo Perempuan Jawa dalam Film Siti Karya Eddie Cahyono). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (264Kb)

    Abstract

    ABSTRAK VIRGINA PUTRI MAHARDHIKA, D1214078. Representasi Sikap Nrimo Perempuan Jawa Dalam Film (Analisis Semiotika mengenai Representasi Sikap Nrimo Perempuan Jawa dalam Film Siti Karya Eddie Cahyono). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Film merupakan salah satu media komunikasi efektif dalam menyampaikan pesan karena disajikan dalam bentuk audio visual yang dapat lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Film dapat mewakili gambaran dari masyarakat yang merupakan representasi dari realitas, film membentuk dan menghadirkan kembali realitas berdasarkan tanda-tanda pembentuk makna yang terdapat di dalamnya. “SITI” adalah film yang merepresentasikan sikap Nrimo perempuan Jawa yang dapat menerima sesuatu sebagaimana adanya dalam berbagai keadaan melalui tanda yang dibawakan hingga membentuk sebuah pesan simbolis. Kemudian dimaknai sebagai suatu sikap yang harus diteladani oleh setiap perempuan di dunia yang kini normanya telah terkikis oleh modernitas. Penelitian terhadap Film Siti bertujuan untuk mengkaji bagaimana sikap Nrimo perempuan Jawa yang ditampilkan dalam Film Siti berdasarkan realitas sosial yang terjadi hari ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori konstruksi sosial atas realitas kemudian dianalisis dengan semiotika Peirce, karena penelitian ini bukan hanya meneliti makna kata saja, melainkan meneliti keseluruhan tanda yang dapat ditangkap dan diterima oleh panca indera manusia. Pesan dalam film dimaknai melalui teori segitiga makna Peirce yang terdiri dari sign, object, dan interpretant. Semiotika Peirce juga mengklasifikasikan tanda menjadi ikon, indeks, dan simbol. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa adegan film dengan aspek audio visual dalam Film Siti serta data sekunder meliputi buku-buku komunikasi dan karya sastra Jawa, jurnal tentang film dan semiotika, artikel liputan Film Siti, serta ulasan tentang Film Siti di media sosial. Hasil analisis dari penelitian ini adalah ikon, indeks, simbol yang ditampilkan dalam Film Siti menunjukkan makna dalam realitas sosial yang dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu sikap Nrimo dalam menghadapi musibah, sikap Nrimo dalam himpitan ekonomi, dan sikap Nrimo dalam kehidupan sosial. Berdasarkan rangkaian tanda berupa teknik pengambilan gambar, ekspresi, gestur, dan dialog pada scene terpilih maka dapat ditarik makna sikap Nrimo perempuan Jawa yang merepresentasikan ketiga kategori sikap Nrimo tersebut. Realitas sosial dan pesan yang terdapat dalam film ini sebaiknya dijadikan suatu refleksi oleh perempuan untuk lebih baik dalam bersikap dalam berbagai keadaan apapun. Kata Kunci: Semiotika, Peirce, Ikon, Indeks, Simbol, Film, Perempuan Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 03 May 2017 14:42
    Last Modified: 03 May 2017 14:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33722

    Actions (login required)

    View Item