Upaya peningkatan hasil belajar bahasa mandarin melalui metode student team achievement division di SMA Negeri 6 Surakarta

Russetia Dewi , Rady (2010) Upaya peningkatan hasil belajar bahasa mandarin melalui metode student team achievement division di SMA Negeri 6 Surakarta. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (300Kb)

    Abstract

    Penulisan laporan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi permasalahan yang dihadapi siswa kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 6 Surakarta yang kurang interaktif dalam proses pembelajaran Bahasa Mandarin. Hal ini disebabkan karena guru yang mengajar mata pelajaran tersebut masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu penulis mencoba menggunakan metode mengajar yang baru yaitu dengan menerapkan metode Student Team Achievement Division ( STAD ). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam laporan Tugas Akhir ini adalah observasi dan studi pustaka. Sebelum menerapkan metode STAD dalam proses pembelajaran Bahasa Mandarin di kelas tersebut, penulis terlebih dahulu mengadakan pengamatan tentang keadaan kelas dan keadaan siswa XI Bahasa 1. Selain itu, penulis juga mengamati mengenai metode pembelajaran yang digunakan guru pengampu Bahasa Mandarin yang mengajar di kelas itu. Adapun hasil Laporan Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Mandarin di kelas XI Bahasa 1 yang menggunakan metode STAD dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas tersebut. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai mata pelajaran Bahasa Mandarin siswa sebanyak 20%, serta suasana kelas yang lebih aktif dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Mandarin. Dalam menerapkan metode pembelajaran ini ditemukan pula hambatan-hambatan, antara lain kurangnya rasa tanggung jawab siswa terhadap dirinya sendiri bahkan anggota satu timnya. Ada pula beberapa siswa yang memliki kemampuan akademik rendah masih bergantung pada siswa yang berkemampuan akademik tinggi dalam menyelesaikan tugas kelompok sehingga pada saat tes individu mereka masih kesulitan mengerjakan soal tes. Berdasarkan laporan Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode Student Team Achievement Division ( STAD ) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Mandarin di SMA Negeri 6 Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 25 Nov 2010 18:53
    Last Modified: 25 Nov 2010 18:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/337

    Actions (login required)

    View Item