PENGARUH INQUIRY TRAINING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN GAGASAN SISWA KELAS XI

ROOSDIANA, ISNAEMI (2017) PENGARUH INQUIRY TRAINING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN GAGASAN SISWA KELAS XI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2321Kb)

    Abstract

    Isnaemi Roosdiana. K4312032. PENGARUH INQUIRY TRAINING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN GAGASAN SISWA KELAS XI. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Maret 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inquiry training model terhadap kemampuan mengemukakan gagasan siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester II SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, sehingga diperoleh dua kelas penelitian yaitu XI ICT sebagai kelas eksperimen menggunakan inquiry training model dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan metode diskusi sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes essay untuk mengukur kemampuan mengemukakan gagasan, dan teknik non-tes berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan ANAKOVA dengan bantuan software SPSS versi 19 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inquiry training model terhadap kemampuan mengemukakan gagasan memiliki nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Rincian pengaruh inquiry training model untuk setiap aspek, yaitu: 1) pengaruh model terhadap aspek berpikir kognitif-ingatan memiliki nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05; 2) pengaruh model terhadap aspek berpikir konvergen memiliki nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05; 3) pengaruh model terhadap aspek berpikir divergen memiliki nilai signifikansi 0,097 ˃ 0,05; dan 4) pengaruh model terhadap aspek berpikir evaluasi memiliki nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah inquiry training model berpengaruh terhadap kemampuan mengemukakan gagasan siswa kelas XI. Kata kunci : inquiry training model, kemampuan mengemukakan gagasan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 Apr 2017 23:27
    Last Modified: 30 Apr 2017 23:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33690

    Actions (login required)

    View Item