EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) DAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Sub Materi Jenis Karakteristik dan Persebaran Bencana Alam di Indonesia)

SURYANI, SUSI (2017) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) DAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Sub Materi Jenis Karakteristik dan Persebaran Bencana Alam di Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1177Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Susi Suryani. K5412073. EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) DAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Sub Materi Jenis Karakteristik dan Persebaran Bencana Alam di Indonesia). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Februari 2017. Tujuan penelitian ini untuk:1) mengetahui perbedaan metode pembelajaran CIRC, LC7E dan CTJ, 2) mengetahui efektivitas penggunaan metode LC7E dibandingkan dengan metode CIRC terhadap hasil belajar siswa, 3) mengetahui efektivitas penggunaan metode CIRC dibandingkan dengan CTJ terhadap hasil belajar siswa dan 4) mengetahui efektivitas penggunaan metode LC7E dibandingkan dengan CTJ terhadap hasil belajar siswa Kelas X IIS SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Jenis Karakteristik dan Persebaran Bencana Alam di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen semu (quasi experimental research). Jenis desain penelitian yang digunakan adalah “Posttestonly with Control Design”. Populasi penelitian adalah semua kelas X SMA Batik 1 Surakarta. Sampel penelitian merupakan sampel kelas. Kelas Eksperimen diterapkan metode pembelajaran LC7E dan CIRC. Kelas kontrol diterapkan metode pembelajaran ceramah tanya jawab. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan Anava Satu Jalan (one way anava) dan Uji Lanjut Anava (Uji Scheffe’). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara menggunakan metode CIRC, LC7E dan CTJ dibuktikan dengan hasil anava satu jalan dengan taraf signifikansi 5% diperolehFh> Ft (6,76> 3,2) pada aspek pengetahuan, nilai Fh> Ft (8,81 > 3,2) pada aspek sikap dan nilai Fh> Ft (24,96 > 3,2) pada aspek keterampilan; 2) hasil belajar geografi menggunakan metode LC7E lebih efektif daripada metode CIRC pada aspek pengetahuan (3,29> 3,2), dan sama efektif pada aspek sikap (2,035 < 3,2), dan keterampilan (1,498< 3,2);3) hasil belajar geografi menggunakan metode CIRC lebih efektif daripada metode CTJ pada aspek sikap (7,214> 3,2), keterampilan (3,304> 3,2) dan pengetahuan (3,40> 3,2); dan4) hasil belajar geografi menggunakan metode LC7E lebih efektif daripada metode CTJ pada aspek pengetahuan (13,52> 3,2), pada aspek sikap (17,148> 3,2) dan keterampilan (6,464> 3,2)pada peserta didik kelas X IIS SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang paling efektifberturut-turut adalah metode LC7E, disusul metode CIRC dan CTJ. Kata Kunci : LC7E, CIRC dan Hasil Belajar Geografi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Apr 2017 22:19
    Last Modified: 28 Apr 2017 22:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33665

    Actions (login required)

    View Item