Psikoedukasi Integrative Model untuk Menurunkan Ekspresi Emosi dan Stigma Family Caregiver Skizofrenia : Sebuah Studi Mixed Method

SUGIYANTI, RINA (2017) Psikoedukasi Integrative Model untuk Menurunkan Ekspresi Emosi dan Stigma Family Caregiver Skizofrenia : Sebuah Studi Mixed Method. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (215Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang : Besarnya pengaruh stigma dan tingkat ekspresi emosi sangat mempengaruhi perilaku family caregiver dalam manajemen pasien skizofrenia. Hanya sedikit studi di Indonesia yang meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi stigma dan ekspresi emosi serta metode intervensi yang efektif untuk menanganinya. Studi ini meneliti mengenai stigma dan ekspresi emosi family caregiver dan metode intervensi psikoedukasi integrative model untuk menanganinya. Tujuan : Mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi stigma dan ekspresi emosi family caregiver dan menghasilkan modul psikoedukasi integrative model sebagai intervensi untuk menurunkan stigma dan ekspresi emosi serta menilai keefektivan modul psikoedukasi integrative model. Metode : Studi ini merupakan studi mixed methods yang dilakukan di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta. Studi ini terdiri dari 4 tahap studi. Tahap I merupakan pengisian angket yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi stigma dan ekspresi emosi. Tahap II merupakan studi kuantitatif untuk mengetahui tingkat stigma dan ekspresi emosi family caregiver dan faktor demografi yang mempengaruhinya. Tahap III merupakan penyusunan dan uji validitas modul psikoedukasi integrative model. Tahap IV merupakan studi kasus untuk menilai keefektivan pelaksanaan psikoedukasi integrative model. Studi ini telah mendapatkan persetujuan dari komite etik Rumah Sakit. Hasil : Studi kuantitatif menunjukkan bahwa faktor demografi yang mempengaruhi stigma adalah pendidikan dan tingkat ekonomi dengan pengaruh positif artinya jika pendidikan dan status ekonomi meningkat maka stigma dan ekspresi emosi juga meningkat. Pemberian intervensi psikoedukasi integrative model cukup efektif dalam menurunkan stigma dan ekspresi emosi. Simpulan : Psikoedukasi integrative model dapat menurunkan stigma dan ekspresi emosi family caregiver pasien skizofrenia. Kata Kunci : psikoedukasi integrative model, stigma, ekspresi emosi, family caregiver, skizofrenia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Apr 2017 21:47
    Last Modified: 28 Apr 2017 21:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33661

    Actions (login required)

    View Item