ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

ROSYIDAH, QURINA (2017) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (235Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Qurina Rosyidah ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat berpikir geometri siswa yang memiliki kemampuan visual-spasial tinggi dalam menyelesaikan masalah Geometri pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Van Hiele, (2) tingkat berpikir geometri siswa yang memiliki kemampuan visual-spasial sedang dalam menyelesaikan masalah Geometri pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Van Hiele (3) tingkat berpikir geometri siswa yang memiliki kemampuan visual-spasial rendah dalam menyelesaikan masalah Geometri pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu enam siswa kelas VIII D SMP N 1 Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. Prosedur pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara, tes yang digunakan yaitu tes kemampuan visual-spasial dan tes kemampuan penyelesian masalah pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Validasi data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa deskripsi tingkat berpikir geometri siswa dengan kemampuan visual-spasial tinggi dalam memecahkan masalah geometri pokok bahasan bangun ruang sisi datar telah berada pada tahap berpikir Deduksi Informal (Tingkat 2). Hal tersebut tentunya dikarenakan Siswa telah melewati tahapan berpikir Visualisasi dan tahapan berpikir Analisis terlebih dahulu. Deskripsi tingkat berpikir geometri siswa dengan kemampuan visualspasial sedang dalam memecahkan masalah geometri pokok bahasan bangun ruang sisi datar, berada pada tingkat berpikir yang berbeda, adapun Siswa pertama telah berada pada tahapan berpikir Deduksi Informal (Tingkat 2) Siswa pertama ini dapat dikatakan telah berada pada tahapan Deduksi Informal dikarenakan telah melalui tahapan berpikir Visualisasi dan Analisis. Namun untuk Siswa kedua berada pada tingkat berpikir Analisis dikarenakan telah memenuhi indikator serta telah melewati tahapan tingkat berpikir Visualisasi. Deskripsi tingkat berpikir geometri siswa dengan kemampuan visual-spasial rendah dalam memecahkan masalah geometri pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Siswa pada tingkatan ini berada pada tahapan berpikir yang berbeda-beda, adapun Siswa pertama berada pada tahapan berpikir Analisis karena telah melalui tahapan berpikir Visualisasi. Sedangkan Siswa yang kedua berada pada tahapan berpikir Visualisasi dikarenakan telah memenuhi indikator. Kata kunci: penyelesaian masalah geometri, teori Van Hiele, kemampuan Visual- Spasial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Apr 2017 21:44
    Last Modified: 28 Apr 2017 21:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33660

    Actions (login required)

    View Item