Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ)

HERNAWATI, IRIYANTI (2017) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (956Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta yang tergolong pada kelompok climbers, (2) kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta yang tergolong pada kelompok campers dan, (3) kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta yang tergolong pada kelompok quitters. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 5 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, tes, dan wawancara mendalam. Data divalidasi dengan menggunakan triangulasi metode. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan & verifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: subjek bertipe AQ climbers masih mengalami beberapa kesulitan. Pertama, kesulitan dalam memahami konsep diantaranya, konsep menentukan gradien dari persamaan garis bentuk eksplisit maupun implisit, konsep kedudukan dua garis yang tegak lurus, konsep kedudukan dua garis yang berimpit, konsep menentukan persamaan garis yang telah diketahui dua titik yang dilaluinya, konsep menggunakan persamaan garis untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan nyata dan konsep menggambar grafik dari suatu persamaan garis lurus. Kedua, kesulitan dalam menentukan algoritma yaitu kesulitan dalam menentukan langkah-langkah (prosedur) penyelesaian soal. Ketiga, kesulitan dalam bahasa yaitu kesulitan menerjemahkan apa yang diketahui dari soal ke dalam bentuk model matematika. Keempat, kesulitan dalam keterampilan komputasi yaitu kesulitan dalam melakukan komputasi (perhitungan) dan kesulitan dalam memilih prosedur penyelesaian operasi matematika. Subjek bertipe AQ campers masih mengalami beberapa kesulitan. pertama, kesulitan dalam memahami konsep diantaranya, konsep menentukan gradien dari persamaan garis bentuk eksplisit maupun implisit, konsep kedudukan dua garis yang tegak lurus, konsep kedudukan dua garis yang berpotongan, konsep kedudukan dua garis yang berimpit, konsep menentukan persamaan garis yang telah diketahui dua titik yang dilaluinya, konsep menggunakan persamaan garis untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan nyata dan konsep menggambar grafik dari suatu persamaan garis lurus. Kedua, kesulitan dalam menentukan algoritma yaitu kesulitan dalam menentukan langkah-langkah (prosedur) penyelesaian soal. Ketiga, kesulitan dalam bahasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Apr 2017 22:03
    Last Modified: 25 Apr 2017 22:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33641

    Actions (login required)

    View Item