KEEFEKTIFAN SELF-HYPNOSIS UNTUK MENURUNKAN INTENSITAS NYERI DAN TINGKAT DEPRESI LANSIA PENDERITA OSTEOARTRITIS DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA

IRAWAN, CHANDRA (2017) KEEFEKTIFAN SELF-HYPNOSIS UNTUK MENURUNKAN INTENSITAS NYERI DAN TINGKAT DEPRESI LANSIA PENDERITA OSTEOARTRITIS DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang: Radang sendi atau rematik pada lansia disebut osteoartritis bersifat menahun dan tidak bisa sembuh. Nyeri menjadi gejala utama pada sendi yang mengalami osteoartritis. Nyeri tersebut dapat mengganggu fungsi motorik, gangguan tidur dan stres psikologi. Selama ini terapi nyeri lansia penderita osteoartritis adalah dengan farmakoterapi. Karena gangguan psikologi seperti cemas dan depresi berperan dalam kekambuhan nyeri, maka ada intervensi terapi pelengkap yaitu self-hypnosis. Self-hypnosis sebagai terapi pelengkap popular dan familiar karena mudah dilakukan, murah dan bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Tujuan: Untuk mengetahui keefektifan self-hypnosis untuk menurunkan intensitas nyeri dan tingkat depresi lansia penderita osteoartritis. Metode: Studi ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk quasi eksperimental randomized pretest-posttest control group design, menggunakan modul intervensi self-hypnosis untuk menurunkan intensitas nyeri dan tingkat depresi lansia penderita osteoartritis. Studi ini telah mendapat persetujuan dari komite etik rumah sakit. Hasil: terdapat perbedaan yang bermaknanilai pretest dan posttest kelompok perlakuan nyeri dan depresi lansia osteoartritis. Nilai mean NRS (nyeri) kelompok perlakuan pretest sebesar 1,47±0,57 dan posttest sebesar 0,97±0,72dengan nilai p=0.001<0.05. Nilai mean BDI (depresi) kelompok perlakuan pretest sebesar 13,13±2,27 posttest sebesar 10,93±3,35 dengan nilai p=0.00<0.05. Kesimpulan: self-hypnosis efektif untuk menurunkan intensitas nyeri dan tingkat depresi lansia penderita osteoartritis. Kata Kunci: Self-hypnosis, intensitas nyeri, tingkat depresi, lansia penderita osteoartritis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Apr 2017 11:08
    Last Modified: 25 Apr 2017 11:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33625

    Actions (login required)

    View Item