PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN DAYA SAING EKSPORDENGAN PENDEKATAN RANTAI NILAI PADA LEVEL PERUSAHAAN DI INDONESIA JUDUL.

Liquiddanu, Eko (2017) PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN DAYA SAING EKSPORDENGAN PENDEKATAN RANTAI NILAI PADA LEVEL PERUSAHAAN DI INDONESIA JUDUL. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (63Kb)

    Abstract

    Kinerja ekspor industri produk manufaktur Indonesia saat ini menunjukkan daya saing yang rendah dilihat dari pangsa pasar yang berhasil direbut hanya berkisar di bawah tiga persen. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja ekspor adalah mendorong perusahaan yang masih memiliki kinerja ekspor yang rendah menjadi perusahaan dengan kinerja tinggi di pasar global. Untuk itu diperlukan alat bantu yang dapat menghitung nilai indeks daya saing yang dibangun dari model daya saing perusahaan. Alat bantu ini berupa instrumen penilaian yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor daya saing dan model matematika berbentuk indeks daya saing perusahaan untuk menghitung nilai komposit kinerja daya saing ekspor. Beberapa penelitian sebelumnya telah mengembangkan model penilaian daya saing perusahaan. Model penilaian daya saing yang ada umumnya melihat daya saing perusahaan dipengaruhi oleh faktor internal dan lingkungan. Model penilaian ini tidak dapat digunakan pada perusahaan berbentuk rantai nilai karena tidak mempertimbangkan faktor hubungan dengan pemasok dan pelanggan. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan penilaian daya saing ekspor dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut. Adapun model acuan yang digunakan dalam penelitian adalah model Shafaei (2009) dan Li dkk. (2006). Selain model tersebut penelitian menggunakan metode Partial Least Squares- Structural Equation Modelling (PLS-SEM) untuk membuat indeks daya saing ekspor. Terdapat dua model indeks daya saing perusahaan yang diusulkan, yaitu model daya saing pangsa pasar, dan model daya saing pertumbuhan nilai ekspor. Berdasarkan hasil uji validitas, reliabilitas dan nilai determinasi, maka model yang dipilih adalah model daya saing pangsa pasar. Hal ini disebabkan karena model ini lebih akurat untuk menjelaskan kemampuan daya saing ekspor. Hasil studi empiris menunjukkan terdapat beberapa elemen kunci yang memiliki bobot pengaruh besar antara lain keterlibatan dan bantuan ke pemasok, informasi, strategi perusahaan, bantuan asosiasi berupa pameran internasional, inovasi produk, sumber daya manusia dan pemilihan pemasok. Kontribusi ilmiah yang dapat diberikan penelitian ini adalah model penilaian daya saing ekspor yang berbentuk rantai nilai. Model ini terdiri atas instrumen yang mampu menilai skor masing-masing elemen daya saing ekspor, dan model indeks daya saing perusahaan yang mampu membedakan perusahaan berkinerja ekspor tinggi dan rendah. Kontribusi praktis penelitian ini adalah model penilaian dapat digunakan perusahaan ekspor untuk mencari elemen yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan. [Kata kunci: pengukuran daya saing ekspor, indeks daya saing, instrumen penilaian, rantai nilai]

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Apr 2017 10:38
    Last Modified: 19 Apr 2017 10:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33612

    Actions (login required)

    View Item