PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUNDSTROKE FOREHAND TENIS LAPANGAN BERBASIS SIRKUIT UNTUK PEMULA.

Gontara, Satria Yudi (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUNDSTROKE FOREHAND TENIS LAPANGAN BERBASIS SIRKUIT UNTUK PEMULA. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (66Kb)

    Abstract

    Penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran berbasis Sirkuit untuk meningkatkan kemampuan teknik Groundstroke Forehand Tenis Lapangan di Prodi Penkepor TA 2012 FKIP UNS. Penelitian ini adalah merujuk dari penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Dari proses pembelajaran telah diuji dan diaplikasikan terhadap sampel kecil maupun sampel besar sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran Groundstroke Forehand Tenis Lapangan berbasis Sirkuit dapat dijadikan model dalam meningkatkan kemampuan penguasaan teknik Groundstroke Forehand Tenis Lapangan di Prodi Penkepor TA 2012 FKIP UNS. Model Pembelajaran Berbasis Sirkuitini memakai 10 PosSirkuit. Dari 10 model pembelajaran berbasis Sirkuit dipandang perlu diaplikasikan pada setiap model pembelajaran Groundstroke ForehandTenis Lapangan. Hasil Penelitian ini telah menjawab tentang efektifitas pembelajaran dengan hasil, pembelajaran setiap indikator penilaian pembelajaran model baru lebih efektif dibandingkan model lama. Rata-rata efektifitas kinerja proses pada kelompok kecil 20 mahasiswa dari factor pembelajaran bahwa rata-rata pembelajaran model lama 5,5 sedangkan rata-rata pembelajaran model baru sebesar 7 kemudian rata-rata Angket Penilaian terhadap design pembelajaran berupa 18 butir pernyataan pada design pembelajaran model lama 88,82% sedangkan design pembelajaran model baru sebesar 92,15%. Rata-rata efektifitas kinerja proses pada kelompok besar 70 mahasiswa dari factor pembelajaran bahwa rata-rata pembelajaran model lama 6,5 sedangkan rata-rata pembelajaran model baru sebesar 9 kemudian rata-rata Angket Penilaian terhadap design pembelajaran berupa 18 butir pernyataan pada design pembelajaran model lama 76,79% sedangkan design pembelajaran model baru sebesar 84,9%. [Kata Kunci. Pengembangan Model Pembelajaran Groundstroke Forehand Tenis Lapangan]

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Apr 2017 10:16
    Last Modified: 19 Apr 2017 10:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33606

    Actions (login required)

    View Item