DINAMIKA AKUNTABILITAS SOSIAL DALAM PELAYANAN PUBLIK (Kajian Konsistensi Aktor Dalam Mendorong Terwujudnya Akuntabilitas Sosial Pada Pelayanan Publik Berdimensi Sosial dan Ekonomi di Lebak)

Sudibyo, Desiderius Priyo (2017) DINAMIKA AKUNTABILITAS SOSIAL DALAM PELAYANAN PUBLIK (Kajian Konsistensi Aktor Dalam Mendorong Terwujudnya Akuntabilitas Sosial Pada Pelayanan Publik Berdimensi Sosial dan Ekonomi di Lebak). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (72Kb)

    Abstract

    Riset ini mengkaji konsistensi sikap para aktor dalam mendorong terwujudnya akuntabilitas sosial pada pelayanan publik berdimensi ekonomi dan pelayanan publik berdimensi sosial di Lebak Banten. Hasil penelitian menunjukkan adanya dinamika akuntabilitas sosial berupa inkonsistensi sikap para aktor grass root dalam mendorong terwujudnya akuntabilitas sosial antara pelayanan publik berdimensi ekonomi dengan pelayanan publik berdimensi sosial. Pada pelayanan publik berdimensi ekonomi, para aktor grass root tidak berdaya (powerless) ketika menghadapi pemegang otoritas tunggal, sehingga kekuatan mereka dikooptasi melalui political coercive approach dan physical coercive approach (kejawaraan). Sedangkan pada pelayanan publik berdimensi sosial para aktor grass root tidak dihadapkan pada coercive approach pemegang otoritas tunggal sehingga mereka mempunyai keberdayaan (powerfull) untuk tetap bersikap konsistensi dalam mendorong terwujudnya akuntabilitas sosial. Dengan demikian, yang terjadi di Lebak adalah apa yang disebut sebagai pseudomorphic accountability, yakni suatu sistem akuntabilitas yang disisipi kepentingan ekonomi oleh pemegang otoritas tunggal dengan cara mengkooptasi para aktor grass root melalui kekuatan politik dan kejawaraan. [Kata-kata kunci: akuntabilitas sosial, pelayanan publik, aktor, konsistensi, pseudomorphic accountability]

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 18 Apr 2017 16:10
    Last Modified: 18 Apr 2017 16:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33575

    Actions (login required)

    View Item