STUDI TENTANG SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016

M, SPRINTA RIZQI (2017) STUDI TENTANG SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (106Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sprinta Rizqi .M. STUDI TENTANG SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan, kondisi dan status kepemilikan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SD Negeri seKecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei menggunakan instrumen lembar observasi mengutip milik Antika Windiati (2011). Populasi penelitian ini menggunakan subjek seluruh Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar sebanyak 24 sekolah dengan objek sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dekriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk mengklasifikasikan jenis data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Berkaitan Sarana/ Peralatan Penjasorkes Dari perhitungan tersebut sarana yang masih bisa di gunakan adalah sebanyak 1673 peralatan yang masih baik atau 85,88% perlengkapan yang masih bisa digunakan. Dan sisanya 275 peralatan atau sebanyak 14,11% rusak dan tidak bisa di gunakan. Dari jumlah keseluruhan peralatan yang ada di sekolah se kecamatan merupakan hak milik sendiri adalah 100% atau sebanyak 1948 peralatan . Berkaitan Sarana/ Perkakas Penjasorkes: Kondisi perkakas yang masih baik adalah sebanyak 79,41% atau sebanyak 54 perkakas yang masih baik dari jumlah total perkakas 68. Dan sisanya senanyak 20,58% atau sebanyak 14 perkakas yang sudah rusak . Dari jumlah keseluruhan peralatan yang ada di sekolah se kecamatan merupakan hak milik sendiri adalah 100% atau sebanyak 68 perkakas . Berkaitan Prasarana/ Fasilitas Penjasorkes: kondisi Prasarana atau fasilitas yang masih baik adalah sebanyak 100% atau sebanyak 158 Prasarana atau fasilitas yang masih baik . Prasarana atau fasilitas sebanyak 84,11% atau 133 dari 158 adalah kepemilikan sendiri. Dan 15,82 % atau sebanyak 25 Prasarana atau fasilitas adalah meminjam.. Kata Kunci : Sarana dan Prasarana, ketersediaan, kondisi, status kepemilian, sekolah dasar negeri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 15 Apr 2017 18:15
    Last Modified: 15 Apr 2017 18:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33561

    Actions (login required)

    View Item