PROSES PUBLIC RELATIONS DI HARIAN TRIBUN YOGYAKARTA ( Studi Deskriptif Kualitatif Proses Public Relations Di Harian Tribun Yogyakarta dalam Membangun Citra Perusahaan )

LANJARINGTYAS, PUTRI (2017) PROSES PUBLIC RELATIONS DI HARIAN TRIBUN YOGYAKARTA ( Studi Deskriptif Kualitatif Proses Public Relations Di Harian Tribun Yogyakarta dalam Membangun Citra Perusahaan ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (634Kb)

    Abstract

    Putri Lanjaringtyas R. D1214064. PROSES PUBLIC RELATIONS DI HARIAN TRIBUN YOGYAKARTA ( Studi Deskriptif Kualitatif Proses Public Relations Di Harian Tribun Yogyakarta dalam Membangun Citra Perusahaan ). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2017. Citra perusahaan merupakan tanggung jawab perusahaan, terutama bagi Public relations, hal ini berhubungan langsung dengan masyarakat ataupun staf perusahaan sendiri. Dalam pelaksanaannya tentunya membutuhkan strategi Public Relations yang baik. Agar, pelaksanaan dari kegiatan yang bertujuan untuk membuat citra perusahaan tersebut berjalan dengan baik dan memberikan rasa percaya bagi masyarakat terhadap perusahaan. Public relations digadang-gadang sebagai garda depan dalam tugas ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan strategi public relations yang digunakan Tribun Jogja dan media komunikasi apa yang dilakukan Tribun Yogyakarta dalam membentuk citra perusahaan, dengan menggunakan proses Fact finding, Planning, Communicating, Evaluation, serta citra perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode diskripstif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan terdiri dari 6 orang, yaitu pihak internal dan eksternal. Informan kunci dari pihak internal yaitu 4 orang, dan informan dari pihak (eksternal) 2 orang. Adapun landasan teori yang digunakan ialah teori strategi komunikasi Public Relations. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa : 1. Fact finding : mengevaluasi dan menyeleksi data atau fakta dengan cara terjun langsung ke lapangan serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. 2. Planning : menyusun perencanaan kegiatan dan juga membagi staf event yang akan diterjunkan. 3. Communicating : membangun komunikasi yang baik antar masyarakat dan juga rekan bisnis. 4. Evaluation : mengevaluasi kinerja staf saat event berlangsung serta melibatkan pihak eksternal perusahaan. 5. Citra perusahaan : mengenalkan Tribun pada masyarakat melalui event-event serta CSR. Kesimpulan yang didapat adalah proses Public relations finding, Planning, Communicating, Evaluation, serta citra perusahaan, yang dilakukan oleh Tribun Yogyakarta merupakan bagian penting dalam membangun citra Tribun terhadap masyarakat. Hal ini terbukti bahwa kelima proses tersebut dilaksanakan dengan baik oleh Tribun Yogyakarta. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Proses Komunikasi, Koran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 15 Apr 2017 18:08
    Last Modified: 15 Apr 2017 18:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33558

    Actions (login required)

    View Item