MEDIA BARU DAN POLITIK (Studi Kasus Penggunaan Blog, Facebook, Twitter, dan YouTube Pasangan Ipong Muchlissoni - Soedjarno dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015 Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur)

WIDYASTUTI, PRAVITRI RETNO (2017) MEDIA BARU DAN POLITIK (Studi Kasus Penggunaan Blog, Facebook, Twitter, dan YouTube Pasangan Ipong Muchlissoni - Soedjarno dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015 Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (172Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pravitri Retno Widyastuti, D0211078, MEDIA BARU DAN POLITIK (Studi Kasus Penggunaan Blog, Facebook, Twitter, dan YouTube Pasangan Ipong Muchlissoni-Seodjarno dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015 Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur), Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta 2017. Media baru saat ini sudah menjadi aspek penting dalam kehidupan komunikasi masyarakat. Hampir seluruh masyarakat memiliki akun di media sosial untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berselancar di dunia maya. Revolusi komunikasi yang sedang berlangsung ini juga terjadi di dunia politik. Ketika dulu kampanye hanya dilakukan secara konvensional lewat pertemuan langsung bersama masyarakat, sekarang ini kampanye bisa dilakukan secara digital. Media baru menyediakan platform komunikasi yang memungkinkan interaksi antara kedua belah pihak. Para tokoh politik menggunakan media baru unuk membentuk realitas dan opini masyarakat agar mendapatkan dukungan. Untuk mendapatkan dukungan tersebut, tokoh politik harus menguasai komunikasi. Castells menjelaskan bahwa berbagai hubungan power seperti itu dapat diubah oleh aktor-aktor sosial yang menghendaki perubahan sosial dengan mempengaruhi pikiran publik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Metode observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas di media baru milik Ipong Muchlissoni, yaitu blog, facebook, twitter, dan YouTube. Sedangkan metode wawancara dilakukan untuk memberikan jawaban yang tidak bisa didapat melalui observasi dan sebagai teknik triangulasi data. Wawancara dilakukan dengan 7 informan yang berasal dari kalangan tim sukses, aktivis LSM, dan pendukung Ipong Muchlissoni. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Media baru digunakan sebagai sarana pengenalan visi, misi, dan program kampanye, serta komunikasi bagi pasangan Ipong Muchlissoni-Soedjarno terhadap golongan pemilih pemula, dan (2) Penggunaan media baru juga ditunjang adanya komunikasi personal dengan melakukan kunjungan ke 307 desa yang ada di Ponorogo. Kata kunci: Media Baru, Kampanye Politik, Pilkada 2015

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 15 Apr 2017 18:05
    Last Modified: 15 Apr 2017 18:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33557

    Actions (login required)

    View Item