PERSEPSI DAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM UPAYA KONSERVASI PADA GEOPARK GUNUNG SEWU SEBAGAI ASET GEOWISATA DI KABUPATEN PACITAN (Aplikasi pada Pembelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumberdaya Alam)

WIDAWATI, HANA (2017) PERSEPSI DAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM UPAYA KONSERVASI PADA GEOPARK GUNUNG SEWU SEBAGAI ASET GEOWISATA DI KABUPATEN PACITAN (Aplikasi pada Pembelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumberdaya Alam). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (309Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hana Widawati. 2017. Persepsi dan Perilaku Masyarakat dalam Upaya Konservasi pada Geopark Gunung Sewu sebagai Aset Geowisata di Kabupaten Pacitan. TESIS. Pembimbing I: Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si, II: Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Minat Utama Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengelolaan Geopark Gunung Sewu oleh pemerintah daerah sebagai bentuk pengembangan geowisata di Kabupaten Pacitan; (2) Persepsi masyarakat tentang Geopark Gunung Sewu; (3) Perilaku masyarakat dalam upaya konservasi geopark; (4) Hubungan persepsi dan perilaku masyarakat dalam upaya konservasi pada Geopark Gunung Sewu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan metode pelaksanaannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian survei. Sampel lokasi dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sasaran penelitian ini akan diambil di tiga situs berbeda, yaitu Teluk Pacitan, Telaga Guyang Warak, dan Gua Tabuhan. Sampel responden diambil menggunakan teknik Incidental Sampling dengan responden berjumlah 100 KK. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dokumen, tabulasi tunggal, korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Struktur organisasi pengelolaan Geopark Gunung Sewu di Kabupaten Pacitan sudah berfokus pada upaya konservasi dengan membentuk Komite Konservasi guna penanganan permasalahan yang berhubungan dengan perlindungan lingkungan fisik, namun untuk Komite Pemberdayaan Masyarakat masih belum ada pada struktur organisasinya sehingga memang fokus masyarakat pada pengembangan geopark masih kurang; (2) Persepsi masyarakat belum sepenuhnya paham dan mengerti dengan baik mengenai Geopark Gunung Sewu sebagai kawasan yang dilindungi. Persepsi ini diukur melalui kognitif, afektif, dan konatif, serta dipengaruhi oleh beberapa hal yakni karakter masyarakat, pendidikan, pekerjaan, aksesibilitas, dan kondisi fisik lingkungan yang ditinggali. (3) Masyarakat pada situs teluk, gua, dan telaga sudah melakukan tindakan-tindakan yang bernilai konservasi, seperti pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Geopark Gunung Sewu. (4) Hubungan persepsi masyarakat terhadap geopark dengan upaya konservasi masyarakat tidak selalu berpengaruh terhadap tindakan yang masyarakat lakukan dengan pearson correlation sebesar 0,482. Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Perilaku Masyarakat, Geopark Gunung Sewu

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
    G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 15 Apr 2017 17:45
    Last Modified: 15 Apr 2017 17:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33550

    Actions (login required)

    View Item