Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Akreditasi Universitas Sebelas Maret Surakarta

WIDYASTUTI, ERMA (2017) Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Akreditasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (699Kb)

    Abstract

    Universitas yang semakin meningkat dan memiliki nilai yang tinggi sudah cukup banyak, begitu pula dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah diakui prestasinya melalui sebuah nilai akreditasi institusi yang dinilai oleh Departemen Pendidikan Nasional Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan predikat Unggul atau dengan skor 372/ A. Kualitas yang diperoleh tersebut diketahui dari 7 standart yang masing-masing memiliki bobot dan penilaian yang berbeda. Pengelolaan sistem informasi manajemen yang baik harus dilaksanakan untuk bisa mempertahankan status sebagai universitas yang unggul. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem informasi manajemen dalam mendukung akreditasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan berlokasi di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara menggunakan purposive sample, observasi, dan dokumentasi. Validitas data didapatkan menggunakan triangulasi data dengan membandingkan hasilwawancara dengan hasil pengamatan dan dokumen lainnya.Teknik analisis data terdiri atas komponen reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dijelaskan bahwa pelaksanaan Sistem Infomasi Manajemen di UNS yang terkait dengan ketujuh standar akreditasi terlaksana dari tiga bobot tertinggi pada standar tersebut terlaksananya sistem tersebut masing-masing berada di standar 5 dan standar 7 yang mana pendidikan berada di standar 5 yaitu Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik dan UNS memiliki sistem SIAKAD untuk mengelolanya. Pada penelitian dan pengabdian masyarakat berada di standar 7 yaitu Penelitian, Pelayanan/ Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama UNS memiliki IRIS1103 untuk penelitian serta risetnya sedangkan dalam hal pengabdian masyarakat UNS memiliki SIKKN. Ketiga sistem tersebut SIAKAD, IRIS1103, dan SIKKN masing-masing berperan dalam penilaian akreditasi universitas hal ini dapat dilihat dari aspek Input-Proses-Output. Pada input, SDM dari pengelola sistem memiliki ruang kerja masing-masing dan dari user dapat dilihat bagaimana sistem tersebut digunakan. Pada proses sistem yang terjadi adalah untuk mengetahui berjalannya sistem dari sisi pengumpulan data, pengamanan, dan pemeliharaan sistem. Sedangkan pada output telah diketahui hasil keluaran dari sistem merupakan nilai akreditasi yang disandang oleh universitas. Meskipun demikian masih terdapat beberapa kekurangan dalam hal memaksimalkan fungsi dari sistem tersebut yang perlu diperbaiki agar kesalahan seperti sistem eror, updating data, perbaikan tampilan, maupun sistem baru untuk akreditasi sendiri bisa segera terealisasikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 15 Apr 2017 17:23
    Last Modified: 15 Apr 2017 17:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33545

    Actions (login required)

    View Item