PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sawahan II Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)

INDIRA, AVILLIA (2017) PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sawahan II Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (863Kb)

    Abstract

    Avillia Indira. PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAWAHAN II SANGKRAH PASAR KLIWON SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi dengan menerapkan metode Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SD Negeri Sawahan II Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV SD Negeri Sawahan II Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta, tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rerata nilai pemahaman konsep perkembangan teknologi siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata nilai pemahaman konsep perkembangan teknologi adalah 58,06 pada pra siklus, 65,06 pada siklus I, 81,47 pada siklus II, dan 85,8 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD Negeri Sawahan II Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, pemahaman konsep perkembangan teknologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 15 Apr 2017 17:16
    Last Modified: 15 Apr 2017 17:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33542

    Actions (login required)

    View Item