Pemilihan Alternatif Solusi Penerapan Produksi Bersih Pada Batik Printing Industri Kecil Menengah (IKM) Batik Puspa Kencana Laweyan Surakarta

FADHILAH, NABILA NUR (2017) Pemilihan Alternatif Solusi Penerapan Produksi Bersih Pada Batik Printing Industri Kecil Menengah (IKM) Batik Puspa Kencana Laweyan Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    Produksi bersih merupakan strategi untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan secara bersamaan mengurangi konsumsi sumber daya. Proses produksi pada batik printing IKM Batik Puspa Kencana menghasilkan limbah lingkungan berupa konsumsi energi, air, dan bahan baku yang berlebihan; pembuangan limbah cair langsung ke sungai; dan penggunaan zat pewarna kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memilih alternatif solusi terbaik diantara beberapa alternatif solusi yang diusulkan, sebagai upaya penerapan produksi bersih pada batik printing IKM Batik Puspa Kencana. Tahap identifikasi masalah menggunakan Daftar Periksa Ergonomi khusus Produksi Bersih. Dan tahap penentuan penyebab masalah menggunakan Fishbone Diagram dan metode 5W1H (What, Where, Who, When, Why, dan How). Kemudian diperoleh beberapa alternatif yang diusulkan, yaitu membuat prosedur/standar mengukur dan mencampurkan zat pewarna, menambah pengetahuan dan pelatihan mengenai pengolahan limbah, menerapkan konsep Just In Time pada pembelian zat pewarna, dan menerapkan konsep 5S pada penyimpanan zat pewarna. Keempat alternatif dinilai menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchy Process) berdasarkan kriteria teknis, ekonomis, dan lingkungan, sehingga diperoleh alternatif solusi terbaik diantara alternatif solusi yang diusulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif solusi terbaik adalah menerapkan konsep Just In Time pada pembelian zat pewarna. Kata kunci: Batik, Produksi Bersih, Daftar Periksa Ergonomi Khusus Produksi Bersih, Analytic Hierarchy Process (AHP)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 15 Apr 2017 14:28
    Last Modified: 15 Apr 2017 14:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33530

    Actions (login required)

    View Item