IMPLIKATUR PADA UNGKAPAN KEPERCAYAAN RAKYAT MINANGKABAU SERTA RELEVANSINYA DENGAN PERKULIAHAN PRAGMATIK DI PERGURUAN TINGGI (Kajian Sosiopragmatik)

SYAFUTRI, HUSNI DWI (2017) IMPLIKATUR PADA UNGKAPAN KEPERCAYAAN RAKYAT MINANGKABAU SERTA RELEVANSINYA DENGAN PERKULIAHAN PRAGMATIK DI PERGURUAN TINGGI (Kajian Sosiopragmatik). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1102Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) kategori takhayul di sekitar lingkaran hidup manusia dalam ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau; 2) implikatur dalam ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau; 3) relevansi implikatur ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau dengan perkuliahan pragmatik di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis dokumen dan data hasil wawancara berupa ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau yang terdapat di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi pendekatan Sosiopragmatik. Data penelitian ini berupa hasil wawancara tentang ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau yang terdapat di Negeri Pauh Duo Nan Batigo Kabupaten Solok Selatan. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara yang dilakukan dengan metode simak dan catat, teknik dokumentasi, dan teknik analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teori, triangulasi sumber, dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kategori takhayul di sekitar lingkaran hidup manusia dalam ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau didominasi oleh kategori lahir, masa bayi, dan masa kanak-kanak (K1) serta kategori mata pencaharian dan hubungan sosial (K4) yang masing-masing didapatkan data sebanyak dua puluh empat (24) ungkapan, 2) Ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau memiliki implikatur yang lebih banyak dibandingkan dengan ungkapan aslinya yang bertujuan agar generasi muda mendengarkan kata-kata orang tua dan tidak melakukan sesuatu yang dapat merugikan dirinya sendiri atau orang lain, dan 3) ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau memiliki relevansi dengan perkuliahan Pragmatik, karena ungkapan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan ajar dan materi dalam perkuliahan. Kata kunci: Minangkabau, folklor, implikatur, perkuliahan Pragmatik

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 15 Apr 2017 14:11
    Last Modified: 15 Apr 2017 14:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33527

    Actions (login required)

    View Item