PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI GRAFIS CETAK SARING DI SMP NEGERI 1 PAMOTAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WIDYASMORO, ANGGO (2017) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI GRAFIS CETAK SARING DI SMP NEGERI 1 PAMOTAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (367Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran ekstrakurikuler cetak saring, 2) Proses berkarya dan hasil karya pada pembelajaran ekstrakurikuler cetak saring, 3) Kendala dan faktor pendukung dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler cetak saring. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 pamotan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yang proses tahapannya meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran ekstrakurikuler cetak saring yaitu memberikan ruang pada siswa agar mampu menggali potensi diri di bidang ketrampilan dasar dalam dunia usaha, dan sebagai pengembangan kegiatan intrakurikuler seni rupa sekaligus wadah pendidikan karakter agar siswa tumbuh sifat toleransi, tidak sombong, menghargai orang lain, gotong royong, dll. 2) Model yang diterapkan adalah model pembelajaran explicit instruction. 3) Pembelajaran disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab, latihan atau drill, penugasan. 4) Materi pembelajaran meliputi a) Jenis, sifat, dan fungsi dari alat dan bahan yang digunakan. b) Pembuatan desain cetak saring. c) Proses afdruk. d) Proses pencetakan. e) Proses hapus screen. f) Pemasangan karya. g) perawatan alat dan bahan. Selain itu ada juga pemberian motivasi pada peserta didik. 5) Media pembelajaran yang digunakan hanya audio visual berupa video tutorial. 6) Evaluasi hanya bersifat lisan pada setiap proses belajar. 7) Proses pembelajaran ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Pamotan bersifat sebagai kegiatan penunjang untuk mencapai program kegiatan intrakurikuler. 8) Kendala yang dialami dalam pembelajaran cetak saring antara lain ruang galeri seni belum dipasang proyektor LCD dan udara dalam galeri seni terasa agak panas. 9) . Alat dan bahan yang lengkap dan guru pembimbing yang terbuka serta peserta didik yang rajin mengikuti ekstrakurikuler cetak saring. Kata kunci : Ekstrakurikuler, seni grafis, cetak saring, pembelajaran, pendidikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 15 Apr 2017 13:50
    Last Modified: 15 Apr 2017 13:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33521

    Actions (login required)

    View Item