Analisis Pengendalian Kualitas Produk Wingko Babat Dyriana Di Kota Semarang Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC)

Afrinawati, Nurita Dwi (2017) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Wingko Babat Dyriana Di Kota Semarang Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (54Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, batas toleransi penyimpangan, urutan prioritas perbaikan, faktor penyebab, dan usulan tindakan perbaikan kerusakan Wingko Babat Dyriana. Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Metode penentuan lokasi penelitian secara purposive (disengaja) di Wingko Dyriana, Jl. Pandanaran No.57 Semarang. Penentuan key informant dengan metode purposive (disengaja) yaitu pemasok bahan baku wingko, karyawan gudang penyimpanan bahan baku, dan karyawan produksi Wingko Babat Dyriana. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC). Hasil penelitian menunjukkan jenis kerusakan produk wingko babat yaitu wingko gosong/ hangus menjadi prioritas perbaikan atau menjadi kerusakan yang harus segera diselesaikan dalam waktu dekat), sedangkan wingko rasa pahit dan wingko patah/ bentuk tidak utuh menjadi kerusakan yang tidak harus diselesaikan dalam waktu dekat). Analisis p ̅-chart ditemukan nilai batas toleransi sebesar 0,11; UCL sebesar 0,13; dan LCL sebesar 0,10 serta ditemukan 14 titik yang berada di luar nilai UCL dan 8 titik yang berada di luar nilai LCL. Usulan tindakan perbaikan terhadap kerusakan yang menjadi prioritas perbaikan wingko babat yang gosong/hangus dari faktor manusia karena karyawan yang kurang hati-hati dan kurang teliti dengan pengawasan, pelatihan dan pemberian reward kepada karyawan; faktor mesin karena api oven yang terlalu besar dan oven yang digunakan masih manual dengan pengecekan alat-alat produksi secara rutin dan diganti dengan alat yang lebih baru; faktor bahan baku karena bahan baku kelapa yang terlalu tua dapat diatasi dengan pembelian bahan baku kelapa yang lebih di kontrol lagi. Kata Kunci:Wingko Babat Dyriana, Kerusakan, dan Kualitas Statistik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 13 Apr 2017 22:37
    Last Modified: 13 Apr 2017 22:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33508

    Actions (login required)

    View Item