Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Pada Kelas X Cerdas Istimewa Di SMA Negeri 3 Wonogiri

S, Nika Puji (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Pada Kelas X Cerdas Istimewa Di SMA Negeri 3 Wonogiri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (676Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nika Puji Sariningsih. K4412055. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X CERDAS ISTIMEWA DI SMA NEGERI 3 WONOGIRI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) latar belakang, (2) kurikulum, (3) skenario, (4) pelaksanaan, (5) hambatan, mengenai: pembelajaran sejarah pada kelas Cerdas Istimewa di SMA Negeri 3 Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus tunggal terpancang. Subjek penelitian yakni guru sejarah dan siswa kelas X Cerdas Istimewa SMA Negeri 3 Wonogiri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen dan tempat-peristiwa. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) latar belakang program kelas Cerdas Istimewa yaitu untuk menjaring siswa yang mempunyai kemampuan lebih sehingga perkembangannya dapat terarah (2) kurikulum yang digunakan pada kelas Cerdas Istimewa adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (3) skenari odalam pembelajaran sejarah di kelas Cerdas Istimewa guru sejarah melakukan analisis KD, penyalinan silabus, serta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (4) pelaksanaan dalam pembelajaran sejarah di kelas Cerdas Istimewa, mencakup tiga langkah pembelajaran yakni: kegiatan pendahulan yang dilakukan guru dengan cara menyampaikan tujuan dan membahas pelajaran sebelumnya, pada kegiatan inti guru sejarah menerapkan tiga tahap yakni: eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, kemudian pada kegiatan penutup guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran, melakukan penilaian dan menyampaikan pembelajaran selanjutnya (5) Hambatanyang ditemui guru sejarah dalam pembelajaran sejarah pada kelas Cerdas Istimewa yakni; yang dialami oleh guru yakni kesulitan pengelolaan manajemen waktu karena terjadi jadual yang bentrok. Hambatan yang dialami siswa yakni siswa kelas Cerdas Istimewa terkait perbedaan sumber belajar yang satu dengan sumber belajar lainnya sehingga membuat bingung saat mempelajarinya. Solusi untuk kendala-kendala tersebut adalah dengan mengganti kegiatan belajar mengajar yang telah digunakan untuk kegiatan lain atau menyuruh siswa untuk mempelajari sendiri di rumah, kemudian menyarankan siswa untuk mengikuti modul. Tidak hanya itu, siswa juga aktif untuk menyaring informasi dari internet yang telah disediakan pihak sekolah. Kata kunci : pembelajaran sejarah, kelas cerdas istimewa, kurikulum KTSP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 13 Apr 2017 22:26
    Last Modified: 13 Apr 2017 22:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33505

    Actions (login required)

    View Item