Analisis Faktor Sosial Ekonomi Dan Demografi Pekerja Lanjut Usia Di Wilayah Jawa Tengah (Studi Kasus : Data Sakernas 2015)

N, ANNISA DEWITA (2017) Analisis Faktor Sosial Ekonomi Dan Demografi Pekerja Lanjut Usia Di Wilayah Jawa Tengah (Studi Kasus : Data Sakernas 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (575Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN DEMOGRAFI PEKERJA LANJUT USIA DI WILAYAH JAWA TENGAH (STUDI KASUS : DATA SAKERNAS 2015) ANNISA DEWITA NUGRAHANI NIM. F0113017 Salah satu dampak dari keberhasilan pembangunan nasional terutama di bidang kesehatan adalah meningkatnya angka harapan hidup penduduk. Peningkatan angka harapan hidup tersebut mencerminkan makin bertambah panjangnya masa hidup penduduk secara keseluruhan yang membawa dampak menjadi semakin bertambahnya jumlah penduduk lanjut usia.Implikasi ekonomi dari meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia tersebut adalah angka beban ketergantungan lanjut usia akan semakin besar. Namun pada kenyataannya, masih banyak penduduk lanjut usia yang masih bekerja dapat menunjukkan bahwa penduduk lanjut usia masih aktif di pasar kerja dan berusaha untuk tidak tergantung pada penduduk lainnya. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhi jam kerja pekerja lanjut usia di Jawa Tengah. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tempat tinggal, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, umur dan pendapatan. Data yang digunakan adalah data mentahSakernas 2015 dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data tersebut kemudian di analisis dengan model regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tempat tinggal, pendidikan, dan umur berpengaruh signifikan dan negatif terhadap jam kerja pekerja lanjut usia di Jawa Tengah. Variabel pendapatan berpengaruh signifikan dan positif terhadap jam kerja pekerja lanjut usia di Jawa Tengah. Sedangkan variabel jenis kelamin dan status perkawinan tidak berpengaruh terhadap jam kerja pekerja lanjut usia di Provinsi Jawa Tengah. Kata Kunci : pekerja lanjut usia, jam kerja, tempat tinggal, jenis kelamin, umur, pendapatan, status perkawinan, pendidikan, population ageing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 Apr 2017 11:39
    Last Modified: 13 Apr 2017 11:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33499

    Actions (login required)

    View Item