PENERAPAN MODEL PENDEKATAN BERMAIN DENGAN ALAT MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS PADA SISWA KELAS XI-IS 3 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN 2015 /2016

H, DADANG ISWARA (2017) PENERAPAN MODEL PENDEKATAN BERMAIN DENGAN ALAT MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS PADA SISWA KELAS XI-IS 3 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN 2015 /2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3300Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dadang Iswara Herdianto. PENERAPAN MODEL PENDEKATAN BERMAIN DENGAN ALAT MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS PADA SISWA KELAS XI-IS 3 DI SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks pada siswa kelas XI IPS 3 SMA BATIK 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016, melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA BATIK 1 Surakarta yang berjumlah 47 siswa yang terdiri dari 22 siswa putra dan 25 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan pendekatan bermain untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan tolak peluru gaya ortodoks sehingga keterampilan tolak peluru gaya ortodoks siswa masih rendah dan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 61,70% , sedangkan pada siklus II mencapai 89,36%. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan bermain dapat meningkatka hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa kelas XI IPS 3 SMA BATIK 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : pendekatan bermain, tolak peluru gaya ortodoks

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 Apr 2017 11:09
    Last Modified: 13 Apr 2017 11:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33493

    Actions (login required)

    View Item