REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA MATERI FLUIDA STATIS SISWA KELAS X MIPA 2 SMA BATIK 2 SURAKARTA

MUNA, DZIRWATUL (2017) REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA MATERI FLUIDA STATIS SISWA KELAS X MIPA 2 SMA BATIK 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (635Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk: mengetahui bahwa Remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta pada materi Fluida Statis.. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan satu kelas. Penelitian ini menggunakan model one-group pretes-posttest. Teknik analisis data menggunakan teknik kantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Pengajuan hipotesis pada penelitian ini menggunakan statistik uji t (1 ekor) untuk menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa setelah dilakukan tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang diperoleh dari penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa : Remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta pada materi Fluida Statis. Berdasarkan uji hipotesis bahwa t hitung lebih besarl dari t tabel yaitu thitung= 4,8972 > ttabel = 2.71948 yang menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa. Besdarnya penigkatan berdasdarkan indeks gain yaitu 0,58 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: Kooperatif Tipe TGT, Kuasi Eksperimen, Ular Tangga

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 Apr 2017 11:00
    Last Modified: 13 Apr 2017 11:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33490

    Actions (login required)

    View Item