PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS LINTAS MINAT X IPS SMA NEGERI 4 SURAKARTA

Prihantara, Erika (2017) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS LINTAS MINAT X IPS SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (424Kb)

    Abstract

    Erika Prihantara. 2017. Penerapan Metode Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Siswa Kelas Lintas Minat X IPS SMA Negeri 4 Surakarta. Program Studi Diploma III Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta Penulisan tugas akhir ini dilakukan guna memperoleh pengetahuan mengenai cara mengajar dan metode yang tepat untuk digunakan sebagai metode alternatif pada siswa SMA Negeri 4 Surakarta belajar bahasa Mandarin, serta mengetahui proses, kendala dan solusi dari kendala tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan studi pustaka. Penelitian dilakukan dengan cara PKL (Praktek Kerja Lapangan) di SMA Negeri 4 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions), Metode ini diharapkan mampu menjadi sarana penyampaian materi yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Kooperatif dalam kegiatan belajar siswa lintas minat kelas X IPS dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa mempelajari bahasa Mandarin. Kata kunci : Metode Kooperatif, Tipe STAD, Pembelajaran Bahasa Mandarin

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 Apr 2017 10:56
    Last Modified: 13 Apr 2017 10:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33488

    Actions (login required)

    View Item