LAPORAN KULIAH KERJA MEDIA (KKM) PERAN PR DALAM PEMBENTUKAN INTERNAL RELATION PERUSAHAAN MELALUI MEDIA PORTAL PADA PT. TELKOM DIVRE IV JATENG & DIY

HUTAGALUNG, MARTHA CHRISTA ULI BORU (2010) LAPORAN KULIAH KERJA MEDIA (KKM) PERAN PR DALAM PEMBENTUKAN INTERNAL RELATION PERUSAHAAN MELALUI MEDIA PORTAL PADA PT. TELKOM DIVRE IV JATENG & DIY. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1215Kb)

    Abstract

    Perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini, sangat mempengaruhi kemajuan bisnis perusahaan disegala bidang, sehingga menimbulkan persaingan antar perusahaan. Mereka saling bersaing untuk meningkatkan income dan kredibilitas perusahaan guna meningkatkan loyalitas stakeholder internal dan eksternal. Sejalan dengan hal tersebut sekarang ini banyak perusahaan yang semakin membutuhkan praktisi kehumasan atau Public Relations Officer (PRO) sebagai ujung tombak suatu perusahaan untuk mengelola citra perusahaan serta menciptakan iklim yang kondusif dan harmonis antara stakeholder. Hal ini dikarenakan keberhasilan suatu perusahan tidak hanya dinilai dari keberhasilan dalam mencapai sales goals yang ditargetkan, melainkan juga dari keberhasilan seorang praktisi humas dalam menciptakan, menjaga dan meningkatkan citra perusahaan atau instansi baik yang berorientasi profit seperti perusahaan negara dan swasta maupun non profit yaitu lembaga swadaya masyarakat dan yayasan. Pada umumnya tugas Public Relations adalah mengubah image dan citra dimata khalayak sehubungan dengan adanya kegiatan baru yang dilakukan perusahaan baik didalam maupun diluar perusahaan serta meningkatkan bobot kualitas para karyawan. Tetapi disisi lain kegiatan Public Relations bukan saja menjag nama baik perushaan melainkan juga harus dapat berkomunikasi dengan masyarakat, karena suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik apabila ada kerja Laporan Kuliah Kerja Media 2010 2 sama dengan masyarakat. Kerjasama tersebut tidak luput dari peran Public Relations dalam membina hubungan baik dengan public internal maupun public eksternal. Definisi kerja PR yang resmi dari IPRA ( International Public Relations Associations ) adalah suatu fungsi manajemen yang khas yang mendukung pembinaan dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama, melibatkan manajemen dalam permasalahan dan persoalan; membantu manajemen memberikan penerangan dan tanggapan dalam hubungan dengan opini public, menetapkan dan menekan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan umum; menopang manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif; bertindak sebagai sistem peringatan yang dini dalam membantu mendahului kecenderungan; dan menggunakan penelitian secara teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama. Dengan adanya PRO dalam suatu perusahaan, akan tercipta mutual understanding atau saling pengertian antar corporate dan customer. Tidak hanya menjembatani antara perusahaan dengan pelanggan, PRO juga harus selalu melihat kedalam perusahaan, dalam arti bahwa PRO juga harus menjadi jembatan penghubung antara top manajemen dengan staff karyawannya. Melalui PRO yang berfungsi sebagai internal PR akan disampaikan kebijakan - kebijakan top manajemen kepada para karyawan. Internal Relations adalah bagian dari kegiatan Public Relation yang khusus menangani masalah hubungan perusahaan dengan public internalnya. Fungsi Laporan Kuliah Kerja Media 2010 3 internal PR harus diterapkan dan dijalankan dengan upaya membina hubungan yang sudah terjalin dengan baik dan mencegah agar hubungan yang sudah terjalin dengan baik itu tidak rusak. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan komunikasi. Setiap lapisan karyawan berhak dan wajib untuk mengetahui segala informasi berkaitan dengan kelangsungan mereka diperusahaan yang menaungi mereka. Baik itu berupa informasi – informasi umum, maupun informasi kebijakan – kebijakan dari manajemen untuk menambah motivasi, tantangan dan rasa memiliki yang kuat terhadap perusahaan. Disinilah tugas seorang PRO dalam fungsinya sebagai penyelenggara internal relations. Salah satu kebutuhan karyawan adalah kebutuhan untuk melakukan interaksi sosial baik dengan pimpinan maupun sesama karyawan perusahaan. Kebutuhan untuk melakukan interaksi sosial ini mendorong karyawan untuk selalu berhubungan satu sama lain. Hubungan antar karyawan yang terjalin dengan baik dan harmonis akan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap produktifitas perusahaan. Mengingat pentingnya peran hubungan karyawan ini maka sudah selayaknya apabila pimpinan perusahaan melakukan usaha – cara untuk mengelola dan menciptakan hubungan karyawan yang baik dilingkungan perusahaan. PT Telkom sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi menyadari bahwa betapa pentingnya media penyampaian informasi antara karyawan dengan pihak direksi. Maka dari itu dibentuklah salah satu media yaitu website portal Telkom yang digunakan sebagai media Laporan Kuliah Kerja Media 2010 4 komunikasi internal antara karyawan dengan seluruh lini yang ada di dalam perusahaan dalam meningkatkan kinerja dan pengembangan SDM karyawan. Webside ”Portal” ini merupakan sarana yang digunakan oleh Humas PT Telkom khususnya untuk melakukan komunikasi internal kepada karyawan PT Telkom Divre IV Jateng DIY, seperti liputan kegiatan, kebijakan – kebijakan baru yang dibuat oleh perusahaan untuk karyawan dan informasi lain yang sekirany perlu disampaikan kepada seluruh karyawan. Selain itu program webside portal ini juga digunakan sebagai sarana komunikasi antar Divre di PT Telkom Indonesia. Hubungan antar karyawan, hubungan atasan dan bawahan dalam suatu perusahaan merupakan salah satu faktor penentu bertahan atau tidaknya suatu perusahaan menjalani persaingan yang semakin ketat. Dan PT. Telkom telah membuktikan semua itu. Ditengah semakin gencarnya pendirian perusahaan telekomunikasi swasta di Indonesia, PT. Telkom tetap bertahan sebagai perusahaan milik negara yang terpercaya dikalangan masyarakat Indonesia. Salah satu sebabnya adalah PT Telkom menyadari bahwa tanpa karyawan perusahaan tidak dapat berkembang karena karyawan adalah ujung tombak perusahaan. Oleh karena itu PT. Telkom menyadari arti penting komunikasi dan media komunikasinya dengan karyawan sebagai aset penting perusahaan. Hal ini yang menjadi latar belakang penulis memilih PT. Telkom sebagai tempat Kuliah Kerja Media (KKM). Penulis menilai PT. Telkom adalah suatu perusahaan yang mempunyai kredibilitas tinggi di bidang jasa telekomunikasi. Selain itu sebagai sebuah perusahaan yang besar, PT. Telkom telah memiliki bagian Komunikasi sebagai salah satu pilar perusahaan ini. Ini sangat sesuai Laporan Kuliah Kerja Media 2010 5 dengan keinginn penulis untuk mengasah ketrampilan dan menambah wawasan dalam bidang Public Relations. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) ini dilakukan pada PT Telkom Divre IV Jateng & DIY yang berlokasi di Jalan Pahlawan No 10 Semarang 50241, telp (024) 8303333. Selama dua bulan, dengan waktu pelaksanaan 1 April – 31 Mei 2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 13 Jul 2013 21:06
    Last Modified: 13 Jul 2013 21:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3348

    Actions (login required)

    View Item