Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Skills Lab Topik Elektrokardiografi melalui Motivasi Akademik dan Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Kedokteran

ADIRA, SOTYA SATMAKA (2017) Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Skills Lab Topik Elektrokardiografi melalui Motivasi Akademik dan Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Kedokteran. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (284Kb)

    Abstract

    Pendahuluan: Motivasi akademik merupakan kunci utama keberhasilan terbentuknya kesiapan belajar mandiri mahasiswa /Self Directed Learning Readiness. SDLR dapat meningkatkan input pembelajaran mahasiswa, khususnya dalam hal ini adalah pembelajaran terhadap materi Skills Lab topik Elektrokardiografi yang kompleks dan mempunyai angka ketidak-lulusan mahasiswa yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan motivasi akademik dengan SDLR. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Sampel diambil dari populasi mahasiswa angkatan 2012, 2013, dan 2014, dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Motivasi akademik diukur dengan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) . SDLR diukur dengan Self Directed Learning Readiness for Nurse Education (SDLR-NE). Data penelitian dan dianalisis dengan uji korelasi Pearson Hasil Penelitian: Hasil uji normalitas data menunjukan motivasi akademik dan Self Directed Learning Readiness (SDLR) berdistribusi normal. Hasil uji korelasi Pearson 0,551 dengan p = 0,000. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara motivasi akademik dengan SDLR. Semakin tinggi nilai motivasi akademik maka semakin tinggi nilai SDLR pada pembelajaran Skills Lab topik EKG. Kata Kunci: Motivasi, Motivasi Akademik, Self Directed Learning Readiness

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 Apr 2017 10:22
    Last Modified: 13 Apr 2017 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33479

    Actions (login required)

    View Item