Pembelajaran Fisika Strategi Gasing Untuk SMA Kelas X dengan Metode Eksperimen dan Diskusi pada Dinamika Gerak Lurus Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

SETYAWAN, RIFAI HARI (2017) Pembelajaran Fisika Strategi Gasing Untuk SMA Kelas X dengan Metode Eksperimen dan Diskusi pada Dinamika Gerak Lurus Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1138Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rifai Hari Setyawan. PEMBELAJARAN FISIKA STRATEGI GASING UNTUK SMA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI PADA DINAMIKA GERAK LURUS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2017. Tujuan dari penelitian ini yaitu: mengetahui ada atau tidak adanya1) perbedaan pengaruh antara penggunaan Pembelajaran Fisika GASING menggunakan metode eksperimen dan diskusi terhadap kemampuan kognitif siswa, 2) perbedaan pengaruh motivasi belajar yang sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik terhadap kemampuan kognitif siswa, dan 3) interaksi antara strategi pembelajaran Fisika Gasing menggunakan metode eksperimen dan diskusi dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri Baturetno Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel kelas diambil secara acak/Random Cluster Sampling dan terpilih dua sampel yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 6. Pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan diskusi.Data diperoleh dengan menggunakan teknik tes untuk data kemampuan kognitif siswa dan teknik angket untuk data motivasi belajar siswa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan desain faktorial 2x5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan kemampuan kognitif antara kegiatan Pembelajaran Fisika GASING yang menggunakan metode eksperimen dan diskusi terhadap kemampuan kognitif siswa(FA= 27.7658 > F0.05; 1,59 = 7,08), metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan metode diskusi untuk materi gaya; 2) ada perbedaan kemampuan kognitif yang signifikan antara siswa dengan motivasi belajar yang sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik terhadap kemampuan kognitif siswa(FB= 424.176 > F0.05; 2,59 = 3,65), semakin baik motivasi maka semakin baik pula kemampuan kognitif siswa; dan 3) tidak ada interaksi pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran Fisika Gasing menggunakan metode eksperimen dan diskusi dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa(FAB = -2.6894 < F0.05; 2,59 = 3,65). Kata Kunci: Pembelajran Fisika GASING, motivasi belajar siswa, kemampuan kognitif, Analisis Variansi Desain Faktorial 2x5

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 11 Apr 2017 22:07
    Last Modified: 11 Apr 2017 22:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33477

    Actions (login required)

    View Item