ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN Cu TERHADAP NILAI DENSITAS, KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK KOMPOSIT MATRIKS ALUMINIUM BERPENGUAT PASIR SILIKA YANG DIBUAT DENGAN METODE STIR CASTING

KUSUMA, VERY HENDRA (2017) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN Cu TERHADAP NILAI DENSITAS, KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK KOMPOSIT MATRIKS ALUMINIUM BERPENGUAT PASIR SILIKA YANG DIBUAT DENGAN METODE STIR CASTING. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (514Kb)

    Abstract

    Komposit matriks alumunium (AMC) merupakan jenis material yang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan pada saat ini dan menjadi salah satu cara untuk menghasilkan material yang lebih unggul. Komposit matriks aluminium banyak diaplikasikan pada bidang industri penerbangan dan otomotif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan variasi Cu terhadap nilai kekerasan brinell, densitas, dan kekuatan tarik pada komposit matriks aluminium berpenguat pasir silika. Proses pembuatan komposit matriks aluminium menggunakan metode stir casting dengan kecepatan pengadukan 600 rpm selama 5 menit pada temperatur semi solid 650ºC. Fraksi volume pasir silika yang digunakan sebanyak 3% serta penambahan Cu dengan variasi fraksi volume 0%, 1%, 2%, 3%, dan 4% wt. Pengujian kekerasan brinell menggunakan standar ASTM E-10, pengujian densitas dilakukan menggunakan metode Archimedes, dan kekuatan tarik menggunakan standar ASTM E-8. Nilai kekerasan brinell komposit aluminium sebelum penambahan Cu sebesar 98 BHN, setelah penambahan Cu kekerasannya meningkat hingga penambahan variasi fraksi volume Cu 4% nilai kekerasannya menjadi 140 BHN. Nilai densitas juga meningkat seiring bertambahnya kandungan Cu hingga mencapai nilai tertinggi pada variasi penambahan fraksi volume Cu 4% yaitu sebesar 2,935 g/cm3, dan nilai kekuatan tarik sebelum penambahan Cu sebesar 93,296 N/mm2, setelah ditambah Cu kekuatan tariknya meningkat menjadi 161,563 N/mm2 pada variasi penambahan fraksi volume Cu 4%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 11 Apr 2017 14:37
    Last Modified: 11 Apr 2017 14:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33470

    Actions (login required)

    View Item