PROSES PEMBELAJARAN KREASI KOLASE PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI XI MIA 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

FEBRIANA, ERRY (2017) PROSES PEMBELAJARAN KREASI KOLASE PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI XI MIA 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (210Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Erry Febriana PROSES PEMBELAJARAN KREASI KOLASE PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI XI MIA 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran kreasi kolase seni rupa di kelas XI MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. (2) bentuk karya seni rupa kolase yang dihasilkan siswa kelas XI MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta ditinjau dari unsur-unsur dan prinsip seni rupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Triyanto S.Sn selaku guru seni budaya dan siswa kelas XI MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, serta foto proses pembelajaran, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebelum proses pembelajaran kreasi kolase dilaksanakan diawali dengan pembuatan RPP. Selanjutnya pembelajaran dilakukan selama empat kali pertemuan dengan penyampaian materi dan proses pembuatan karya yang terdiri dari beberapa langkah, antara lain membuat pola dengan sketsa, melakukan proses pemotongan, kemudian pewarnaan, lalu finishing karya. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) yaitu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih luwes dan terbuka, sehingga siswa dapat berperan secara aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. (2) secara umum pembuatan karya kolase siswa sudah baik dan sudah menerapkan prinsip-prinsip seni rupa. Kata kunci : seni budaya, pembelajaran, kolase

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 11 Apr 2017 13:18
    Last Modified: 11 Apr 2017 13:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33454

    Actions (login required)

    View Item