Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Cooperative Learning tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Kemandirian Belajar (Studi Eksperimen di SMA Negeri Kabupaten Kendal).

NOVIKASARI, WARDANI (2017) Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Cooperative Learning tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Kemandirian Belajar (Studi Eksperimen di SMA Negeri Kabupaten Kendal). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1053Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wardani Novikasari, NIM: S861502029. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Cooperative Learning tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Kemandirian Belajar (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri Kabupaten Kendal). Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Wasino, M.Hum, Pembimbing II: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Progam Studi Magister Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI di SMA Negeri Kabupaten Kendal; (2) Perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki Kemandirian tinggi dan dan siswa yang memiliki Kemandirian rendah terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI di SMA Negeri Kabupaten Kendal; (3) Interaksi pengaruh penggunaan model pembelajaran dengan Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI di SMA Negeri Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri se-Kabupaten Kendal, tahun ajaran 2016/2017. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik Multi Stage Cluster Random Sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 di SMA Negeri 1 Pegandon dengan jumlah 31 siswa dan siswa kelas XI IPS3 di SMA Negeri 1 Cepiring dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang dipakai adalah tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar. Uji hipotesis yang digunakan adalah Anialisis Varians (Anava) dua jalur. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan uji kesetaraan, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI di SMA Negeri Kabupaten Kendal, dilihat dari F hitung > F tabel, atau 11, 144 > 3, 14; (2) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki Kemandirian tinggi dan dan siswa yang memiliki Kemandirian rendah terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI di SMA Negeri Kabupaten Kendal, dilihat dari F hitung > F tabel, atau 14, 748 > 3, 14; (3) tidak terdapat interaksi pengaruh penggunaan model pembelajaran dengan Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI di SMA Negeri Kabupaten Kendal, dilihat dari F hitung < F tabel, atau 0, 026 < 3, 14. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Apr 2017 06:32
    Last Modified: 09 Apr 2017 06:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33444

    Actions (login required)

    View Item