Konsumsi Produk Budaya Pop Jepang dan Identitas Diri

KHARISMA, ASTUTI DINA (2017) Konsumsi Produk Budaya Pop Jepang dan Identitas Diri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (919Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Astuti Dina Kharisma. D0312014. 2012. “KONSUMSI PRODUK BUDAYA POP JEPANG DAN IDENTITAS DIRI” (Studi Fenomenologi pada Masyarakat Subkultur Penggemar Budaya Pop Jepang di Kota Surakarta).Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Budaya populer Jepang menjadi salah satu budaya massa yang banyak di konsumsi oleh masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Pengaruh dari produk budaya populer Jepang yang beredar menyebabkan munculnya penggemar budaya pop Jepang. Di Indonesia budaya pop Jepang termasuk dalam masyarakat subkultur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan fenomena identitas diri dan konsumsi dari masyarakat subkultur penggemar budaya populer Jepang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori masyarakat konsumsi dari Baudrillard dan teori identitas dari Jenkins. Jenis penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi dan data didapat dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Untuk menguji kebenaran data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan konsumsi yang dilakukan oleh subkultur penggemar budaya pop Jepang ada pada tingkat konsumsi simulakra, yaitu simulakra produksi, distribusi, dan konsumsi. Konsumsi dipengaruhi oleh komunitas mereka. Identitas yang terbentuk yaitu identitas sosial yang dibentuk melalui self image dan public image. Self image dipengaruhi oleh eksplorasi dan komitmen serta pengaruh dari teman dan komunitas. Public image yang terbentuk didukung oleh media sosial yang digunakan serta partisipasi dalam acara Jepang Festival. Kemudian pada tingkat hiperrealitas penggemar budaya pop Jepang mencoba menghadirkan berbagai karakter dua dimensi ke dunia nyata. Kata kunci: subkultur, budaya populer Jepang, konsumsi, identitas diri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Apr 2017 06:29
    Last Modified: 09 Apr 2017 06:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33443

    Actions (login required)

    View Item