Upaya Hukum Kasasi Terhadap Putusan Pemberatan Pidana Pokok Dan Pidana Tambahan Pemecatan Terdakwa Dari Dinas Militer Dalam Perkara Narkotika (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 102K/MIL/2014)

W, FRANSISCUS ERIC N (2017) Upaya Hukum Kasasi Terhadap Putusan Pemberatan Pidana Pokok Dan Pidana Tambahan Pemecatan Terdakwa Dari Dinas Militer Dalam Perkara Narkotika (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 102K/MIL/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1668Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama apakah pengajuan upaya hukum kasasi terhadap keberatan atas pemberatan pidana pokok dan pidana tambahan telah sesuai Pasal 239 UU Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer. Kedua, apakah pertimbangan hukum hakim Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi terdakwa telah sesuai Pasal 243 UU Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengadilan Militer Tinggi I Medan dalam menjatuhkan putusan perkara penyalahgunaan narkotika yaitu putusan Nomor : 111-K/PMT-I/BDG/AD/XII/2013 tanggal 22 Januari 2014 telah keliru dalam menerapkan hukum. Putusan tersebut memberatkan pidana pokok dan pidana tambahan, sehingga pihak terdakwa mengajukan upaya hukum kasasi. Alasan-alasan pengajuan kasasi berdasarkan Pasal 239 UU No.31 Tahun 1997. Sebagai bentuk konsekuensi dikabulkannya memori kasasi, maka Mahkamah Agung memeriksa dan memutus sendiri perkara tersebut sesuai ketentuan Pasal 243 UU No.31 Tahun 1997. Putusan Mahkamah Agung tersebut berdasarkan pada pertimbangan – pertimbangan, baik bersifat yuridis yang tercantum dalam memori kasasi maupun non yuridis yang tidak tercantum dalam peraturan perundang-undangan. Kata kunci: alasan kasasi, peradilan militer, kasus narkotika.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Apr 2017 06:19
    Last Modified: 09 Apr 2017 06:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33441

    Actions (login required)

    View Item