Efektifitas Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Kelas IV di SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

S, DENA NUR MUSTIKA (2017) Efektifitas Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Kelas IV di SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (298Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dena Nur Mustika Sari. K5113011. EFEKTIVITAS DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ALTERNATIVE BEHAVIOR (DRA) UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF SISWA ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) KELAS IV AUTIS DI SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) dalam mengurangi perilaku hiperaktif siswa ADHD pada saat pembelajaran di kelas. Perilaku hiperaktif yang menjadi target perilaku adalah menggerakkan anggota tubuh (tangan dan kaki) dan berbicara berlebihan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen subjek tunggal atau Single Subjek Research (SSR), dengan desain penelitian A1 – B – A2 atau Baseline1 – Intervensi – Baseline2. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak ADHD kelas IV Autis di SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang disajikan melalui tabel dan grafik dengan menggunakan komponen analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan penurunan frekuensi perilaku hiperaktif subjek secara bertahap. Perubahan rata-rata frekuensi perilaku hiperaktif subjek yaitu dari 83 kali pada fase A1 menjadi 14 kali pada fase B, dan menjadi 25 kali pada fase A-2. Berdasarkan estimasi kecenderungan arah, diketahui bahwa frekuensi perilaku hiperaktif subjek meningkat dengan rata-rata frekuensi yang cukup tinggi pada fase baseline-1 (A1), kemudian mengalami penurunan pada fase intervensi (B), dan kembali meningkat pada fase baseline-2 dengan frekuensi yang lebih rendah dari fase awal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA) efektif untuk mengurangi perilaku hiperaktif siswa ADHD kelas IV Autis di SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Efektivitas,Differential Reinforcement of Alternative Behavior (DRA), perilaku hiperaktif, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Apr 2017 06:00
    Last Modified: 09 Apr 2017 06:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33434

    Actions (login required)

    View Item