HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIODEMOGRAFI PASIEN DAN JENIS PEMBIAYAAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PAJANG KOTA SURAKARTA

ROHMAN, ALIM NUR (2017) HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIODEMOGRAFI PASIEN DAN JENIS PEMBIAYAAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PAJANG KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (396Kb)

    Abstract

    Latar Belakang : BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan sudah diberlakukan bagi seluruh rakyat Indonesia sejak tahun 2014. Disisi lain, aspek kepuasan pasien yang kurang dan aturan yang berbelit-belit selama ini menjadi isu ditolaknya penggunaan asuransi kesehatan BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan jenis pembiayaan kesehatan BPJS PBI, non PBI, dan out of pocket (pembiayaan tunai) terhadap kepuasan pasien pelayanan rawat jalan di Puskesmas Pajang Kota Surakarta Metode : Penelitian ini berjenis analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Pajang Kota Surakarta dengan populasi penelitian adalah seluruh pasien puskesmas rawat jalan dan populasi target adalah pasien rawat jalan BPJS di Puskesmas Pajang. Sampel diambil secara simple random sampling. Variabel dependen kepuasan pasien dinilai berdasarkan kuesioner Servqual (Service Quality) yang dimodifikasi untuk pelayanan rawat jalan. Sedangkan variabel independen jenis pembiayaan kesehatan terdiri dari kelompok BPJS PBI, BPJS non PBI, dan pembiayaan tunai. Hasil dianalisis menggunakan Uji Kruskal-wallis dengan post-hoc Uji Mann-whitney. Uji Regresi linear berganda dilakukan untuk mengontrol variabel-variabel perancu (usia, tingkat pendidikan, dan status sosial). Hasil: Uji Kruskal-wallis menunjukkan terdapat hubungan antara jenis pembiayaan kesehatan dengan kepuasan pasien (p = 0,028). Uji Post-hoc Mann-whitney didapatkan hubungan yang signifikan pada kepuasan pasien kelompok jenis pembiayaan kesehatan BPJS PBI terhadap BPJS non PBI (p = 0,014) dan kelompok jenis pembiayaan kesehatan BPJS PBI terhadap tunai (p = 0,048). Sedangkan pada jenis pembiayaan kesehatan kelompok BPJS non PBI terhadap tunai didapatkan tidak signifikan secara statitsik (p = 0,648). Uji Regresi Linear Berganda menunjukkan jenis pembiayaan kesehatan non PBI memberi koefisien nilai kepuasan -5,27 dibanding PBI (p = 0,194, CI 95% -13,25 hingga 2,73) dan jenis pembiayaan kesehatan tunai memberi koefisien nilai kepuasan -5,84 dibanding PBI (p = 0,17, CI 95% -14,37 hingga 2,69). Simpulan Penelitian : Terdapat hubungan antara jenis pembiayaan kesehatan dan kepuasan pasien pada kelompok BPJS PBI terhadap BPJS non PBI dan kelompok BPJS PBI terhadap pembiayaan tunai di pelayanan rawat jalan Puskesmas Pajang Kota Surakarta. Kata Kunci : BPJS PBI, BPJS non PBI, jenis pembiayaan kesehatan, kepuasan pasien, pembiayaan tunai.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Apr 2017 05:55
    Last Modified: 09 Apr 2017 05:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33433

    Actions (login required)

    View Item