HUBUNGAN PERUBAHAN IKLIM DENGAN PRODUKTIVITAS PADI DAN TINGKAT KERENTANAN PENGHIDUPAN PETANI DI KABUPATEN SRAGEN (Studi pada: Desa Kecik Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen)

Fitriana, Sari Nur (2017) HUBUNGAN PERUBAHAN IKLIM DENGAN PRODUKTIVITAS PADI DAN TINGKAT KERENTANAN PENGHIDUPAN PETANI DI KABUPATEN SRAGEN (Studi pada: Desa Kecik Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (328Kb)

    Abstract

    ABSTRAK HUBUNGAN PERUBAHAN IKLIM DENGAN PRODUKTIVITAS PADI DAN TINGKAT KERENTANAN PENGHIDUPAN PETANI DI KABUPATEN SRAGEN (Studi Pada: Desa Kecik Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen) Sari Nur Fitriana F0113086 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Pemanasan global yang diakibatkan karena meningkatnya gas rumah kaca pada lapisan troposfer menyebabkan terjadinya fenomena perubahan iklim. Perubahan iklim ditandai dengan adanya perubahan unsur-unsur iklim seperti peningkatan suhu dan curah hujan yang berdampak pada beberapa aspek kehidupan salah satunya sektor pertanian. Perubahan suhu dan curah hujan yang terjadi memberikan dampak langsung ataupun tidak langsung yang dapat merugikan tanaman pangan khususnya padi sehingga akan berpengaruh terhadap hasil produktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara perubahan unsur iklim yaitu suhu dan curah dengan produktivitas padi dan mengetahui tingkat kerentanan penghidupan petani dalam menghadapi bencana banjir akibat perubahan iklim di Kabupaten Sragen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data sekunder antara lain data suhu, curah hujan, dan produktivitas padi yang didapatkan dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Air DAS Bengawan Solo, Dinas Pertanian dan BPS Kabupaten Sragen. Data primer dikumpulkan melalui wawancara kepada 122 petani sebagai responden di Desa Kecik. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling secara purposive. Analisis data yang digunakan untuk data sekunder adalah dengan menghitung tingkat korelasi dan untuk data primer dengan menggunakan perhitungan indeks LVI dan LVI IPCC pada Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara suhu dan curah hujan dengan produktivitas padi adalah negatif dengan nilai masing-masing -0,32 dan -0,51. Tingkat kerentanan penghidupan petani di Desa Kecik Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen terhadap bencana banjir akibat perubahan iklim tergolong rentan berdasarkan skala LVI dengan nilai sebesar 0,394 dan LVI IPCC sebesar 0,033. Kata kunci: Perubahan iklim, Kerentanan, LVI, Sektor Pertanian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 08 Apr 2017 17:02
    Last Modified: 08 Apr 2017 17:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33419

    Actions (login required)

    View Item