Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bina Marga Dalam Pemeliharaan Jalan Kabupaten di Kabupaten Karanganyar

Tustikarana, Laurensius Buana (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bina Marga Dalam Pemeliharaan Jalan Kabupaten di Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (737Kb)

    Abstract

    Bina Marga merupakan instansi publik yang melaksanakan pelayanan publik dalam pemeliharaan jalan kabupaten di Karanganyar. Kualitas pelayanan publik ditentukan oleh kinerja pegawai Bina Marga. Kinerja pegawai di Bina Marga termasuk dalam kategori “baik”. Dalam pelaksanaannya, pencapaian kinerja pegawai Bina Marga dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, lingkungan kerja, dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Bina Marga Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan survey eksplanatoris dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi serta melibatkan seluruh populasi yang ada berjumlah 30 responden di Bina Marga. Uji validitas dilakukan melalui uji Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Hasil analisis uji F menunjukkan persamaan F hitung 8,59 > F tabel 2,76 dengan signifikansi 0,00 < 0,05 maka secara bersama-sama variabel gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, lingkungan kerja, dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai dan hipotesis umum “diterima”. Analisis uji t menunjukkan secara parsial variabel gaya kepemimpinan transformasional (sig 0,431), budaya organisasi (sig 0,233), dan lingkungan kerja (sig 0,812) tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Hanya variabel motivasi kerja (sig 0,000) yang berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 08 Apr 2017 17:02
    Last Modified: 08 Apr 2017 17:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33418

    Actions (login required)

    View Item