Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMK (Studi Kasus di Kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta)

Hermawati, Adelina (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMK (Studi Kasus di Kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (280Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Adelina Hermawati. K4412002. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK (STUDI KASUS DI KELAS XI SMK NEGERI 6 SURAKARTA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) persepsi guru mata pelajaran sejarah terhadap kurikulum 2013 di SMK Negeri 6 Surakarta, (2) perencanaan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum 2013 di SMK Negeri 6 Surakarta, (3) pelaksanaan pembelajaran sejarah secara saintifik dalam kurikulum 2013 di SMK Negeri 6 Surakarta, (4) evaluasi pembelajaran sejarah berbasis kurikulum 2013 di SMK Negeri 6 Surakarta, (5) kendala pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum 2013 di SMK Negeri 6 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terpancang tunggal. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, analisis dokumen dan observasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kurikulum 2013 sebagai suatu penyempurnaan yang memperbaiki kurikulum sebelumnya (KTSP) telah dipahami oleh guru membawa perubahan dalam hal perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pada pembelajaran, (2) guru telah melakukan perencanaan secara mandiri sesuai dengan silabus dan kurikulum 2013, (3) pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMK Negeri 6 Surakarta telah menggunakan pendekatan saintifik yang dilaksanakan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di kelas, (4) evaluasi/ penilaian pembelajaran sejarah berbasis kurikulum 2013 dengan menggunakan penilaian autentik masih kurang sesuai. (5) kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam penerapan kurikulum 2013 di SMK Negeri 6 Surakarta antara lain kurangnya antusias peserta didik pada pembelajaran sejarah, penilaian dan kebijakan yang berubah-ubah dalam kurikulum 2013, guru kurang memaksimalkan peran sebagai fasilitator dalam pembelajaran, dan waktu pembelajaran kurang efektif. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Kurikulum 2013, SMK Negeri 6 Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LA History of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 08 Apr 2017 15:19
    Last Modified: 08 Apr 2017 15:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33391

    Actions (login required)

    View Item