HUBUNGAN PENGUASAAN RAGAM BAHASA INDONESIA STANDAR DAN LOCUS OF CONTROL DENGAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH (Survei pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak tahun 2016)

, Hariyadi (2017) HUBUNGAN PENGUASAAN RAGAM BAHASA INDONESIA STANDAR DAN LOCUS OF CONTROL DENGAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH (Survei pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak tahun 2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (996Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya hubungan antara penguasaan ragam bahasa Indonesia standar dan keterampilan menulis artikel ilmiah; 2) ada tidaknya hubungan antara locus of control dan keterampilan menulis artikel ilmiah; dan 3) ada tidaknya hubungan antara penguasaan ragam bahasa Indonesia standar dan locus of control dengan keterampilan menulis artikel ilmiah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah survey dengan studi korelasional. Sampel terdiri atas 167 mahasiswa angkatan 2014 di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji persyaratan dan uji instrumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data keterampilan menulis artikel ilmiah menggunakan teknik tes berupa unjuk kerja; (3) pengumpulan data penguasaan ragam bahasa Indonesia standar menggunakan teknik tes dengan menjawab pertanyaan pilihan ganda (tes objektif); (3) pengumpulan data locus of control menggunakan teknik nontes dengan mengisi lembar angket tertutup. Variabel keterampilan menulis artikel ilmiah divalidasi dengan validitas isi dan konstruk, sedangkan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas rating; validitas tes penguasaan ragam bahasa Indonesia standar menggunakan rumus korelasi poin biserial, dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Validitas angket locus of control menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan ragam bahasa Indonesia standar dan keterampilan menulis artikel ilmiah dengan hasil uji signifikansi sebesar 9,03, hasil korelasi sebesar 0,58, dan hasil kontribusi sebesar 33,07%; 2) ada hubungan positif yang signifikan antara locus of control dan keterampilan menulis artikel ilmiah dengan hasil uji signifikansi sebesar 8,48 hasil korelasi sebesar 0,55 dan hasil kontribusi sebesar 30,36%; dan 3) ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan ragam bahasa Indonesia standar dan locus of control secara bersama-sama dengan keterampilan menulis artikel ilmiah dengan hasil uji signifikansi sebesar 92,32 hasil korelasi sebsar 0,73 dn hasil kontribusi sebesar 52,96%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 07 Apr 2017 11:16
    Last Modified: 07 Apr 2017 11:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33388

    Actions (login required)

    View Item