Akuntabilitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta dalam Penyediaan Air Bersih

Abdulloh, Elyas (2017) Akuntabilitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta dalam Penyediaan Air Bersih. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (492Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Elyas Abdullah. D0112027. “Akuntabilitas Perusahaan Daerah air Minum Kota Surakarta dalam Penyediaan Air Bersih”. Skripsi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta dalam penyediaan air bersih. Penilitian ini menggunakan teori yang dikembangkan oleh Koppel mengenai dimensi akuntabilitas yaitu transparansi, liabilitas, kontrol, responsibilitas, dan responsivitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan berdasarkan tujuannya menekankan pada akuntabilitas sebagai suatu proses. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas Perusahaan daerah Air Minum Kota Surakarta dalam penyediaan air bersih sudah cukup baik hal tersebut ditunjukkan melalui proses transparansi yang sudah baik terkait pelaporan kepada atasan. Liabilitas yang cukup baik berupa penerapan sistem reward dan punishment. Kontrol yang cukup baik berupa pengawasan melekat, rapat koordinasi dan rapat khusus. Responsibilitas yang sudah baik berupa pelaksanaan segala kegiatan dengan mengacu pada peraturan dan sumber hukum yang ada. Responsivitas yang belum begitu baik berupa mewujudkan kepuasan pelanggan sesuai dengan misi PDAM Kota Surakarta dengan melaksanakan perintah dari atasan dalam upaya menindaklanjuti berbagai keluhan yang ada dan dalam pelaksanaannya masih mendapati berbagai kendala teknis yang menyebabkan masih saja ada kekurangan dalam hal pemberian pelayanan terlebih lagi masih adanya tingkat kehilangan air oleh PDAM yang cukup banyak. Kata Kunci : Akuntabilitas, Pelayanan, Perusahaan Daerah Air Minum

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JC Political theory
    J Political Science > JF Political institutions (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 07 Apr 2017 11:07
    Last Modified: 07 Apr 2017 11:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33385

    Actions (login required)

    View Item