Pengaruh Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Kelas X SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

H, Choirul Fatah (2017) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Kelas X SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (930Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Choirul Fatah H. PENGARUH FAILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juni 2016 Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran gambar teknik Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, (2) Untuk mengetahui apakah minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran gambar teknik Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, (3) Untuk mengetahui apakah fasilitas belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran gambar teknik Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rencana analisis statika. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Surakrta berjumlah 128 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur fasilitas belajar dan minat belajar siswa, domukentasi untuk mendapatkan data hasil belajar siswa berupa daftar nilai UTS dan daftar presensi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimupulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Gambar Teknik siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016, hal ini berdasarkan pada uji regresi linear sederhana didapatkan koefisien regresi variabel fasilitas belajar (X ) sebesar 0.237, hasil analisis korelasi regresi r= 0.512 dan t hitung vi 1 = 6.726 yang lebih besar dari t = 1.986 pada taraf signifikan 0.05, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016, hal ini berdasarkan pada uji regresi linear sederhana didapatkan koefisien regresi variabel minat belajar (X ) sebesar 0.263, hasil analisis korelasi sederhana r=0.597 dan pengujian t hitung 2 =7.217 yang lebih besar dari t =1.986 pada taraf signifikan 0.05, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016, hal ini berdasarkan pada hasil uji regresi linear ganda didapatkan nilai koefisien regresi variabel fasilitas belajar (X1) sebesar 0.135 dan koefisien regresi variabel minat belajar (X2) sebesar 0.201, hasil analisis korelasi ganda (r) sebesar 0.649 dan penujian F tabel =33.870 yang lebih besar dari F =3.09 pada taraf signifikan 0.05. Kata kunci: Fasilitas belajar, minat belajar, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 07 Apr 2017 10:59
    Last Modified: 07 Apr 2017 10:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33382

    Actions (login required)

    View Item