PENGARUH FUNGSI JALAN DAN SKENARIO PEMELIHARAAN TERHADAP BIAYA PEMELIHARAAN JALAN

Pramono, Heru Ajie (2017) PENGARUH FUNGSI JALAN DAN SKENARIO PEMELIHARAAN TERHADAP BIAYA PEMELIHARAAN JALAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (120Kb)

    Abstract

    Heru Ajie Pramono. 2017. Pengaruh Fungsi Jalan dan Skenario Pemeliharaan Terhadap Biaya Pemeliharaan Jalan, Pembimbing I: Dr. Eng. Syafi’i, M.T., Pembimbing II: F. Pungky Pramesti, S.T, M.T., Ph.D. Tesis Magister Teknik Sipil, Minat Utama Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur. Program Pasca Sarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. ABSTRAK Pemeliharaan dan rehabilitasi kerusakan jalan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Penganggaran tahunan saat ini didasarkan pada kondisi survei jalan yang dilakukan pada tahun sebelumnya, dan tidak berdasarkan prediksi kondisi jalan mendatang. Ada beberapa tujuan dalam penelitian ini. Pertama untuk memprediksi pertumbuhan kerusakan fungsional jalan arteri dan jalan kolektor. Kedua adalah merencanakan skenario pemeliharaan. Ketiga adalah memprediksi biaya pemeliharaan berdasarkan skenario. Dan akhirnya untuk menganalisis variabel mana yang lebih berpengaruh terhadap biaya pemeliharaan jalan. Tiga jalan arteri dan tiga jalan kolektor di Kota Tangerang telah dianalisis. Masing-masing jalan yaitu Jalan Garuda, Jalan Juanda, Jalan Halim Perdana Kusuma dan Jalan KH. Agus Salim, Jalan AMD, Jalan Yos Sudarso. Kondisi fungsional jalan dinilai dengan metode Surface Distress Index (SDI) yang dihitung dengan historical data, dari Januari 2014 sampai dengan Desember 2015. Berdasarkan data, model prediksi kondisi 10 tahun mendatang telah direncanakan dengan menggunakan tingkat kenaikan harga (i) = 0,106 per tahun. Tiga skenario kemudian direncanakan yaitu: 1) skenario yang dilakukan saat ini oleh Dinas BMSDA Kota Tangerang, 2) skenario ketika nilai SDI mencapai nilai 100, dan 3) skenario ketika nilai SDI mencapai 150. Selanjutnya analisis varians dua arah dilakukan untuk menentukan variabel yang mempengaruhi secara signifikan biaya pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap skenario untuk setiap ruas jalan mempunyai jumlah kegiatan pemeliharaan yang berbeda selama 10 tahun prediksi perencanaan. Hal ini juga menunjukkan bahwa biaya pemeliharaan tidak tergantung pada jumlah kegiatan. Selain itu, hasil Anova dua arah menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari skenario terhadap biaya pemeliharaan dan tidak ada interaksi antara fungsi jalan dan skenario. Kata kunci: fungsi jalan, SDI, skenario pemeliharaan jalan, biaya pemeliharaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknik Sipil - S2
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 07 Apr 2017 07:35
    Last Modified: 07 Apr 2017 07:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33376

    Actions (login required)

    View Item