PEMASARAN RELASIONAL DALAM HUBUNGAN PERITEL TRADISIONAL DENGAN PEMASOK DI ERA GLOBAL

ISTIKOMAH, EKA UMMUL (2017) PEMASARAN RELASIONAL DALAM HUBUNGAN PERITEL TRADISIONAL DENGAN PEMASOK DI ERA GLOBAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (749Kb)

    Abstract

    Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji: 1) pengaruh kualitas teknikal terhadap kepuasan, 2) pengaruh kualitas fungsional terhadap kepuasan, 3) pengaruh kepuasan terhadap loyalitas, 4) pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas, 5) pengaruh komitmen terhadap loyalitas, 6) pengaruh kepuasan terhadap kepercayaan, 7) pengaruh kepuasan terhadap komitmen, dan 8) pengaruh kepercayaan terhadap komitmen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan ritel tradisional di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo, diambil dengan metode nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah perusahaan ritel yang memperoleh barang dari agen distributor pemasok. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 138 perusahaan. Metode analisis menggunakan SEM dengan program Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas teknikal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 2) kualitas fungsional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 3) kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas, 4) kepercayaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas, 5) komitmen berpengaruh postif dan signifikan terhadap loyalitas, 6) kepuasan tidak berpengaruh terhadap kepercayaan, 7) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen, dan 8) kepercayaan tidak berpengaruh terhadap komitmen.Keterbatasan dalam penelitian ini adalah terbatasnya objek penelitian sehingga membatasi kemampuan generalisasi dari hasil penelitian. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian ini. Kata Kunci: Pemasaran Relasional, Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen, Loyalitas, Ritel Tradisional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HA Statistics
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 07 Apr 2017 07:32
    Last Modified: 07 Apr 2017 07:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33375

    Actions (login required)

    View Item