EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN UANG PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SDLB N CANGAKAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

WAROH, FATIM MUNA (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN UANG PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SDLB N CANGAKAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (576Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan menggunakan uang pada siswa tunagrahita kelas V SDLB N Cangakan Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental tipe One grup pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa tunagrahita ringan kelas V di SDLB N Cangakan Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, tes yang digunakan yaitu tes perbuatan untuk mengukur kemampuan menggunakan uang, instrument diuji dengan validitas isi dan reliabilitas split half . Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistic non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Ranking Bertanda Wilcoxon). Analisis non-parametrik diperoleh nilai Z= -2.032 dengan P = 0,042.Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh rata-rata nilai Posttest yaitu 72, lebih besar daripada nilai Pretest yaitu 49,5. Sehingga hipotesis yang diterima berbunyi “Metode bermain peran efektif meningkatkan kemampuan menggunakan uang pada siswa tunagrahita kelas V SDLB N Cangakan Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016”. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode bermain peran efektif meningkatkan kemampuan menggunakan uang pada siswa tunagrahita kelas V SDLB N Cangakan Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: MetodeBermain Peran, Kemampuan Menggunakan Uang, Siswa Tunagrahita Ringan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 06 Apr 2017 17:21
    Last Modified: 06 Apr 2017 17:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33351

    Actions (login required)

    View Item