HUBUNGAN ANTARA BRAND IMAGE DAN PERCEIVED QUALITY DENGAN CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA SMARTPHONE DI KALANGAN MAHASISWA

w, BAGAS RANGGA (2017) HUBUNGAN ANTARA BRAND IMAGE DAN PERCEIVED QUALITY DENGAN CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA SMARTPHONE DI KALANGAN MAHASISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (243Kb)

    Abstract

    Dewasa ini persaingan pasar smartphone semakin ketat, sehingga produsen smartphone terus dituntut untuk melakukan inovasi, dimulai dari memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen terutama pada strategi untuk mempertahankan customer loyalty. Dalam sebuah pasar yang kompetitif, customer loyalty tidak terlepas dari brand image dan perceived quality. Peran brand image dan perceived quality tidak lain adalah memberikan alasan untuk membeli dan dapat berujung pada loyalitas pelanggan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mengetahui hubungan antara brand image dan perceived quality dengan customer loyalty, (2) mengetahui hubungan antara brand image dengan customer loyalty, dan (3) mengetahui hubungan antara perceived quality dengan customer loyalty pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 186 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah skala customer loyalty, brand image dan skala customer loyalty. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung sebesar 43,229 (p < 0,05) dan nilai R = 0,566. Nilai R2 adalah 0,321 yang menunjukkan sumbangan total efektif brand image dan perceived quality terhadap customer loyalty sebesar 32,1%, dengan sumbangan efektif brand image sebesar 20,3% dan sumbangan efektif perceived quality sebesar 11,8%. Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara brand image dengan customer loyalty (p < 0,05 ; rx1y = 0.411) dan terdapat hubungan signifikan pula antara perceived quality dengan customer loyalty (p < 0,05; rx2y = 0,296). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara brand image dan perceived quality dengan customer loyalty. Semakin tinggi brand image dan perceived quality yang dimiliki individu, maka customer loyalty akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 06 Apr 2017 16:48
    Last Modified: 06 Apr 2017 16:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33338

    Actions (login required)

    View Item