Kinerja Guru Bersertifikasi dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Aspek Kognitif Rendah Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Kecamatan Juwiring (Studi terhadap Rendahnya Hasil UKG Guru Pendidikan Kewarganegaraan Bersertifikasi di Kecamatan Juwiring)

SETIAWAN, ARIF ADY (2017) Kinerja Guru Bersertifikasi dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Aspek Kognitif Rendah Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Kecamatan Juwiring (Studi terhadap Rendahnya Hasil UKG Guru Pendidikan Kewarganegaraan Bersertifikasi di Kecamatan Juwiring). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1139Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arif Ady Setiawan. K6412010. Kinerja Guru Bersertifikasi dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Aspek Kognitif Rendah Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Kecamatan Juwiring (Studi terhadap Rendahnya Hasil UKG Guru Pendidikan Kewarganegaraan Bersertifikasi di Kecamatan Juwiring). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kinerja guru bersertifikasi berdasarkan hasil uji kompetensi guru; (2) Untuk mengetahui implikasi kinerja guru bersertifikasi terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif rendah siswa SMP Negeri di Kecamatan Juwiring. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan wawancara, observasi serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Persiapan, (2) Pengumpulan Data, (3) Analisis Data, (4) Penyusunan Laporan Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Kinerja guru Pendidikan Kewarganegaraan bersertifikasi di SMP Negeri Kecamatan Juwiring berdasarkan hasil uji kompetensi guru diketahui sebagai berikut: (a) Guru Pendidikan Kewarganegaraan bersertifikasi yang berdasarkan hasil UKG lulus 7 modul sudah menunjukan kinerja baik dalam melaksanakan tugas profesinya. Hal ini ditunjukan dengan kemampuan guru yang telah baik dalam menguasai indikator standar kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial; (b) Guru Pendidikan Kewarganegaraan bersertifikasi yang berdasarkan hasil UKG lulus 5 modul masih menunjukan kinerja kurang dalam melaksanakan tugas profesinya. Hal ini ditunjukan dengan kemampuan guru yang telah baik dalam menguasai indikator standar kompetensi guru yaitu kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial, namun di dalam penguasaan indikator kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional masih kurang baik; (2) Kinerja guru tidak berimplikasi mutlak terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif tingkat rendah. Guru Pendidikan Kewarganegaraan bersertifikasi berkinerja baik, hasil belajar aspek kognitif tingkat rendah siswanya tidak semuanya mencapai KKM, masih ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM dengan rata-rata prosentase 13,5%. Sebaliknya guru Pendidikan Kewarganegaraan bersertifikasi berkinerja kurang, hasil belajar aspek kognitif tingkat rendah siswanya tidak semua mendapatkan nilai rendah, karena rata-rata prosentase nilai siswa di atas KKM berjumlah 81% Kata Kunci : Kinerja Guru Bersertifikasi, Hasil UKG, Hasil Belajar Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Apr 2017 16:40
    Last Modified: 06 Apr 2017 16:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33335

    Actions (login required)

    View Item