RELATIONSHIP DALAM DINAMIKA BISNIS (Studi Kasus:Komunikasi Interaksional antara Pedagang dan Pembeli (Pelanggan) dalam Membangun Kembali Hubungan Dagang Pasca Kebakaran Pasar Klewer Surakarta)

DJAYA, TIKA RISTIA (2017) RELATIONSHIP DALAM DINAMIKA BISNIS (Studi Kasus:Komunikasi Interaksional antara Pedagang dan Pembeli (Pelanggan) dalam Membangun Kembali Hubungan Dagang Pasca Kebakaran Pasar Klewer Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (44Kb)

    Abstract

    Kebakaran Pasar Klewer Surakarta tanggal 27 desember 2014 menimbulkan banyak permasalahan diantaranya banyak pedagang yang berhenti beraktifitas berdagang karena banyak modal yang telah dilalap api, dan para pembeli sulit menemukan tempat langganannya, sehingga diantara pedagang dan pembeli mengalami banyak perubahan didalam komunikasi. Penataan pasar darurat membuat macet alur lalu lintas di alun alun utara serta becek di waktu musim hujan. Maka pedagang dan pembeli merasa tidak nyaman sehingga dibutuhkan komunikasi untuk mengatasi masalah agar dapat segera pulih seperti sediakala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis relationship dalam dinamika bisnis yang dilakukan pedagang dan pembeli pasca kebakaran Pasar Klewer Surakarta dan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi interaksional yang dilakukan oleh pedagang dan pembeli (pelanggan) dalam membangun kembali hubungan dagang dilihat dari peran mereka sebagai komunikator dan komunikan ketika terjadi relationship dalam dinamika bisnis pasca kebakaran Pasar Klewer Surakarta. Peneliti menggunakan teori:1. Teori pengembangan hubungan oleh Altman Taylor yang mencakup orientasi, pertukaran afektif eksploratif, pertukaran afektif dan pertukaran yang seimbang. 2. Teori pertukaran sosial oleh Thibout &Kelley yang menyatakan bahwa didalam hubungan terdapat pengorbanan (cost) yang berupa masalah/tekanan dan penghargaan (rewards) yang berupa keuntungan/manfaat bagi pelaku komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus tipe deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Pasar Klewer Surakarta. Sumber penelitian pedagang dan pembeli. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan teknik sampling purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship pedagang dan pembeli menjalin hubungan berawal dari bertemunya pedagang dan pembeli di Pasar Klewer dan berlanjut ke tingkat yang lebih dalam, hingga terjadi pertahanan hubungan dan pemutusan hubungan yang kemudia pedagang berusaha membangun kembali hunbungan yang hilang dengan saling memberikan informasi lewat media seperti telepon, wa, bbm, facebook dan lain-lain, meskipun pada kenyataannya tidak semua pembeli (pelanggan) dapat kembali. Yang artinya ada yang masih setia dengan kios langganannya dan ada pula ada yang memutuskan hubungan dagangnya. (Kata kunci:Relationship, komunikasi interaksional, pertukaran sosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Luthfi Syam
    Date Deposited: 06 Apr 2017 15:03
    Last Modified: 06 Apr 2017 15:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33326

    Actions (login required)

    View Item