Peningkatan Pemahaman Konsep Kegiatan Jual Beli Melalui Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory,Kinesthetic) pada Siswa Kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

WAHYU, SALVINA (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Kegiatan Jual Beli Melalui Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory,Kinesthetic) pada Siswa Kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (899Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kegiatan jual beli pada siswa kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep kegiatan jual beli pada siswa kelas III melalui penerapan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic), hal tersebut terlihat dari peningkatan nilai dan ketuntasan klasikal dari setiap siklus. Pada kondisi awal ketuntasan klasikal mencapai 38,23% atau terdapat 13 siswa yang tuntas dari 34 siswa dengan nilai rata-rata 68,67. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 58,82% atau terdapat 20 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 71,59. Pada siklus II ketuntasan klasikal kembali meningkat menjadi 88,24% atau terdapat 30 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 78,82. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) dapat meningkatkan pemahaman konsep kegiatan jual beli pada siswa kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: pemahaman konsep, kegiatan jual beli, model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Luthfi Syam
    Date Deposited: 06 Apr 2017 14:52
    Last Modified: 06 Apr 2017 14:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33323

    Actions (login required)

    View Item