PENGARUH ANTARA BELANJA LANGSUNG TERHADAP KUALITAS PEMBANGUNAN MANUSIA (Studi pada Pemerintah Kabupaten/ Kota di Pulau Papua Tahun 2010-2015)

Widayati, Puji (2017) PENGARUH ANTARA BELANJA LANGSUNG TERHADAP KUALITAS PEMBANGUNAN MANUSIA (Studi pada Pemerintah Kabupaten/ Kota di Pulau Papua Tahun 2010-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (739Kb)

    Abstract

    Sumber daya manusia merupakan tujuan utama pembangunan suatu bangsa dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh belanja langsung yang terbagi atas belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja modal terhadap kualitas pembangunan manusia yang diindikatori dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Data sekunder atas obyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh Kabupaten/Kota di Pulau Papua pada tahun 2010-2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kombinasi teknik cross section dan time series. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji linier berganda Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa belanja pegawai dan belanja barang dan jasa berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pembangunan manusia, sedangkan belanja modal berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas pembangunan manusia pada Kabupaten/Kota di Pulau Papua pada tahun 2010-2015. Kata Kunci: Belanja langsung, belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja modal dan kualitas pembangunan manusia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Luthfi Syam
    Date Deposited: 06 Apr 2017 13:42
    Last Modified: 06 Apr 2017 13:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33306

    Actions (login required)

    View Item